Mohon tunggu...
Erson Bani
Erson Bani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis buku "Lara Jasad" (2023) & "Melayat Mimpi" (2023)

Hanya ingin mengabadikan kisah lewat aksara

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Generasi Kanguru, Minimnya Lapangan Pekerjaan dan Suburnya Mentalitas "Strowberry Generation"

14 Juni 2024   17:41 Diperbarui: 20 Juni 2024   14:11 1660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Lulusan perguruan tinggi, Liu Qian, sedang bekerja dengan laptopnya di kamar yang disewanya di sebuah apartemen di Beijing, China, 7 Juli 2022. (Foto: AP PHOTO/OLIVIA ZHANG via KOMPAS.ID)

Pada 13 Juni 2024, surat kabar harian Kompas memuat berita tentang generasi kanguru. Istilah ini semakin menambah daftar julukan untuk generasi saat ini. 

Banyak istilah yang muncul untuk menggambarkan situasi generasi saat ini. Misalnya, generasi milenial, generasi Z, dan generasi alpha. Namun, sebutan tersebut hanya menggambarkan rentangan usia seseorang. 

Ada juga istilah yang lahir karena situasi sosial dan karakter setiap generasi. Misalnya, generasi stroberi (strawberry generation), generasi sandwich (sandwich generation), dan generasi kanguru (kangaroo generation). 

Dari beberapa istilah ini, ada satu istilah menarik untuk dibahas, yakni generasi kanguru.

Ada 3 istilah penting perlu diketahui berkaitan dengan julukan untuk generasi saat ini yakni, strawberry generation, sandwich generation, dan kangaroo generation

Ketiga istilah ini merupakan neologisme bahasa (Inggris maupun Indonesia) yang merujuk pada karakter atau situasi yang dialami generasi saat ini. 

Pertama, strawberry generation (generasi stroberi). Julukan ini merujuk pada generasi yang mengikuti keistimewaan pohon stroberi. Stroberi merupakan jenis tanaman yang dirawat secara khsuus (bahkan dilindungi kaca) agar terlindungi dan menghasilkan buah yang baik. 

Namun, stroberi tidak bisa bertahan lama atau mudah pecah,hancur. Ini menggambarkan generasi yang selalu dimanjakan dengan banyak hal sehingga ketika berada dalam dunia kerja atau kehidupan yang mandiri, sulit untuk beradaptasi. Lebih tepatnya adalah generasi yang mudah menyerah.

Kedua, sandwich generation. Istilah ini merujuk pada generasi yang menganggung kehidupan yang berlapis. Sama halnya dengan sandwich (roti berlapis). 

Sasaran utama untuk istilah sandwich generation adalah mereka yang berusia 25-30 tahun bahkan sampai 40 tahun dan bekerja untuk menghidupi keluarga (anak dan istri) dan juga orang tuanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun