Mohon tunggu...
erson bani
erson bani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis buku "Lara Jasad" (2023) & "Melayat Mimpi" (2023)

Penulis lepas opini dan karya fiksi di beberapa media cetak dan media online

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Saling Tikung Bursa Transfer 2023 dan Bangkitnya Sepak Bola Arab Saudi

9 September 2023   13:04 Diperbarui: 9 September 2023   13:08 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Fabrizio Romano

Bursa transfer musim panas resmi ditutup. Banyak pemain telah menemukan 'rumah baru'. Berbagai drama 'saling sikut' antara klub juga terjadi demi mendapatkan pemain terbaik dan gelar liga negara dan Liga Champions Eropa. Bukan hanya Eropa yang ramai dengan pembelian pemain tetapi juga sepak bola Arab Saudi. Banyak pemain top Eropa akhirnya memilih untuk berlaga di luar Eropa. Akankah ini berpengaruh pada euphoria sepak bola Eropa dan Liga Champions Eropa?

Sabtu, 2 September 2023 adalah hari di mana bursa transfer musim panas 2023 resmi ditutup. Ada banyak pemain kini sudah mengenakan jersey baru. Transfer pemain pada tahun ini bervariasi. Ada beberapa pemain yang berpindah dari klub yang berada dalam satu liga, ada yang berpindah liga atau negara tapi masih dalam zona Eropa, dan ada juga yang berpindah liga dan di luar Eropa. Bisa dikatakan bursa transfer tahun ini sangat istimewa dan menyita perhatian publik.

Keistimewaan bursa transfer tahun ini tertuju pada keputusan 'gila' dari beberapa pemain bintang dunia. Sebut saja yang dilakukan oleh Lionel Messi dan Karim Benzema. Pemain dengan perolehan Ballor d'Or terbanyak tersebut memutuskan untuk pindah ke Inter Miami, klub yang diasuh oleh David Beckham. Hal yang sama juga dilakukan oleh peraih Baloon d'Or 2022, Karim Benzema. Benzema memilih hijrah ke klub Saudi Arabia, Al Ittihad pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain peraih 5 trophy Liga Champions tersebut memilih untuk mengikuti jejak rekan setimnya waktu di Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Selain 2 nama ini ada juga beberapa pemain bintang yang memilih untuk berada di luar pantauan zona Eropa. Misalnya, Neymar Jr dan Sadio Mane. Dua nama ini juga penting kerena pernah masuk dalam nominasi Ballon d'Or. Keempat nama ini tidak ada lagi di perebutan Si Kuping Lebar pada tahun 2023/2024. Pasalnya, mereka menjalani kontrakan yang cukup lama bersama klub barunya. Selain itu, nama Cristiano Ronaldo juga tidak ada lagi di kejuaran bergengsi tingkat Eropa tersebut karena sudah bergabung bersama klub Arab, Al Nassr dari tahun 2022.

Transfer pemain di liga-liga Eropa

Memasuki hari ke-7 penutupan bursa transfer musim panas, beberapa pemain telah mendapat klub baru. Untuk Liga Inggris, ada beberapa klub telah berhasil mendatangkan pemain baru. Misalnya, Manchester United telah mendapatkan 5 pemain baru (Andre Onana, Amrabat, Altay Bayindir, Sergio Reguilon, dan Rasmus Holjund). Selain itu Setan Merah juga melepas beberapa pemain inti seperti Fred, Dean Henderson, Erick Baily, dan Antony Elanga. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa klub Liga Inggris, seperti Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City dan beberapa klub lainnya. Drama 'saling tikung' juga terjadi antara Liverpool dan Chelsea dalam upaya mendapatkan pemain berbakat asal klub Brighton. Awalnya Liverpool dikabarkan telah hampir selesai untuk mendapatkan Moises Caicedo. Namun, Chesea bergerak cepat dengan memberikan tawaran yang menarik. Hal yang sama juga pernah dialami Barcelona saat menawarkan Arda Guler, yang pada akhirnya merapat ke Real Madrid.

Selain Liga Inggris, upaya mendatangkan pemain baru juga datang dari Spanyol. Beberapa klub telah mendapatkan amunisi baru. Seperti Barcalona yang berhasil mendatangkan duo Portugal dalam waktu yang bersamaan, Joao Felix dan Joao Cancelo. Sedangkan rival mereka, Rela Madrid pada musim ini juga melakukan pembelian 3 pemain baru. Klub berhasil membawa beberapa nama seperti Arda Guler, Bellingham, Joselu, memanggil kembali Brahim Diaz dari Ac Milan dan meminjam Kepa dari Chelsea karena cidera yang dialami Courtois.

PSG juga menjadi salah satu klub yang banyak mendatangkan pemain top. Pada musim panas ini klub sudah mendatangkan banyak pemain seperti Goncalo Ramos, Marco Asensio, Ousmane Dambele, Lucas Hernandez, Manuel Urgate, Kang-In Lee, Milan Skriniar, Cher Ndour, dan Bradley Barcola. Di balik banyaknya pemain yang datang, PSG setidaknya cukup banyak melepas beberapa pemain penting seperti Sergio Ramos, Neymar Junior, dan Leonel Messi. Komposisi pemain PSG tidak pernah mengalami kekurangan karena boleh dikatakan jika klub memiliki banyak pemain berbakat di timnya.

Ketatnya Persaingan Liga Arab Saudi

SPL (Saudi Pro League) kembali jadi liga yang patut diperhitungkan di mata sepak bola dunia. Puluhan pemain top yang pernah berlaga di Eropa ramai-ramai berangkat ke Arab Saudi. Meskipun sudah ada banyak pemain Eropa yang sudah lebih lama di sana, namun nama Cristiano disebut-sebut sebagai pelopor di balik banyaknya pemain yang ingin mencicipi rasa sepak bola Arab Saudi. Ronaldo sudah lebih dahulu berada di Al Nassr selama 1 tahun dan ini adalah tahun yang kedua baginya setelah 'dibuang' Manchester United.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun