Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Membeli BBM Subsidi Tanpa Memakai Ponsel

13 Juli 2022   19:18 Diperbarui: 13 Juli 2022   19:24 843 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
indonesiabaik.id/instagram.com

Berubahnya cara membeli BBM Bersubsidi menimbulkan reaksi yang beragam. Ada yang menanggapinya secara biasa-biasa saja, ada pula yang menanggapi secara kritis bahwa apa yang dilakukan pemerintah dengan adanya kebijakan ini, justru semakin menyengsarakan rakyat kelas menengah ke bawah. 

Seakan-akan lebih menyulitkan rakyat untuk membeli BBM, walau alasan pemerintah adalah untuk mengatur penjualan BBM Bersubsidi supaya lebih tepat sasaran.  Pengaturan pembelian melalui aplikasi tersebut juga dianggap tidak terbayangkan, malah dirasa akan menjadi tidak efektif.

Jangankan membeli dengan aplikasi yang notabene akan menghabiskan waktu  lebih banyak, membeli dengan cara dulu pun dirasa sangat melelahkan.  Jelas otomatis akan menimbukan antrean yang lebih panjang lagi. Namun, semua tanggapan tersebut wajar karena apapun, selalu berhadapan dengan yang pro dan kontra.

Seperti yang kita ketahui bahwa BBM bersubsidi kini mulai menggunakan QR Code pada aplikasi Mypertamina, bagi kendaraan beroda empat.  Namun dengan ditemukannya beragam respon  di lapangan, di antaranya banyak sekali ditemukan keluhan (merasa dipersulit untuk  mendapatkan BBM subsidi). 

Hal ini  tidak lantas membuat Pemerintah berdiam diri. Ini menandakan bahwa Pemerintah memang tidak tinggal diam demi mempermudah masyarakat untuk mendapatkan BBM subsidi.

Sekarang ada cara membeli BBM subsidi dengan memakai QR Code di SPBU tanpa menggunakan ponsel. Pertamina memberikan pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan QR Code tanpa menggunakan ponsel. Jadi, sebelum kita membeli BBM, maka pengguna harus sudah menyiapkan bukti berupa print out QR Code kendaraan yang sudah terdaftar.

Begini cara membeli BBM Bersubsidi tanpa menggunakan ponsel di SPBU:

1. Sebelum membeli BBM Bersubsidi, maka kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa kita sudah terdaftar dan terkonfirmasi melalui laman subsiditepat.mypertamina.id

2. Pengguna membawa bukti print out QR Code kendaraannya yang sudah terdaftar terlebih dahulu. Agar aman, print out QR Code tersebut dapat dilaminanting terlebih dahulu supaya tidak akan rusak apabila kena air/hujan, ataupun agar tidak udah rusak/robek.

3. Berikan QR Code tersebut kepada petugas SPBU;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan