Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

3 Hal Penting dalam Merencanakan Pembelajaran pada Platform Merdeka Mengajar

5 Juli 2022   07:37 Diperbarui: 7 Juli 2022   10:30 3901 30 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (kemdikbud.go.id)

Tahun ajaran baru sudah di depan mata, ibaratnya tinggal menghitung hari. Para guru sedianya sudah (mulai) mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran.

Tahun ini, serentak sudah mulai disosialisasikan Kurikulum Merdeka. Salah satu pengimplementasian kurikulum tersebut melalui Platform Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform yang di dalamnya ada fitur belajar Kurikulum Merdeka secara mandiri.

Namun sepertinya, para guru yang sudah mengakses masih sedikit, bahkan mungkin belum tahu sama sekali karena kebanyakan masih bingung membedakan antara Merdeka Belajar, Mandiri Belajar, Kurikulum Merdeka, dan hal-hal lain yang memang memiliki nama sama dan hampir mirip sehingga bisa jadi itu yang membuat para guru menjadi bingung.

Dalam hal ini, banyak guru masih perlu diajari bagaimana cara mengakses, mengoperasikan, hingga memetik dari apa yang ada pada Platform Merdeka Mengajar, bahkan BGP sampai "turun tangan" agar guru-guru mau atau mampu akses PMM karena tahun ajaran baru sudah di depan mata.

Salah satu cara agar kita paham tentang Platform Merdeka Mengajar adalah dengan jalan mengeksplorasi platform itu sendiri, sehingga kita mulai mengenali apa saja yang ada dalam platform tersebut. Mulai mengenali dan memahami apa itu Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, hingga ke Alur Tujuan Pembelajaran.

Agar dapat kita pahami, terlebih dahulu, mari kita pelajari bagaimana langkah-langkah penyusunan alur tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah penyusunan alur tujuan pembelajaran:

1. Guru harus memahami Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi dan karakter yang ingin dicapai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. CP dibagi menjadi beberapa fase. Fase A sampai F

Cara mempelajari di mana Anda dapat mempelajari CP, yaitu pada platform Merdeka Mengajar. 

Cara masuk ke platform Merdeka Mengajar sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan