Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pahami MyPertamina yang akan Berlaku 1 Juli 2022

29 Juni 2022   08:17 Diperbarui: 29 Juni 2022   10:20 2502 24 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
MyPertamina (mypertamina.id)

Ternyata rencana Pemerintah untuk mengatur pembelian solar bersubsidi, benar-benar akan mulai dilaksanakan. Per tanggal 1 Juli 2022, pendaftaran kendaraan roda empat mulai bisa dilaksanakan untuk tetap mendapatkan pelayanan pembelian solar subsidi atau Pertalite. Silakan kunjungi website subsiditepat.mypertamina.id. Perlu waktu seminggu untuk verifikasi. 

Oleh karena itu, per tanggal 16 hingga 31 Juli 2022 dijadikan masa transisi dan dapat dipastikan SPBU masih dapat melayani pembelian solar subsidi sebanyak 20 liter per hari.

Jadi ketika tanggal 1 Agustus 2022, pihak SPBU tidak akan melayani konsumen apabila belum memiliki QR Code, dan konsumen hanya bisa membeli pertamax.

Syarat untuk mendapatkan BBM jenis penugasan dan subsidi tersebut diwajibkan untuk seluruh konsumen Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite dan Solar Subsidi.

Konsumen yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi salah satu contohnya adalah mobil untuk layanan umum, yaitu mobil pemadam kebakaran, ambulan, mobil sampah, dll.

Pendaftaran mulai per tanggal 1 Juli 2022. Untuk tahap awal, akan dilaksanakan pada 11 wilayah. Adapun wilayah tersebut sebagai berikut: Kota Sukabumi, Yogyakarta, Manado, Ciamis, kota Tasikmalaya, Bandung, Banjarmasin, Tanah Datar, Padang Panjang, Kab. Agam, dan Bukit Tinggi.

Solar subsidi dan Pertalite merupakan BBM bersubsidi yang sangat terbatas, sehingga Pemerintah mengatur kuota serta siapa target penerimanya.

Cara pembayarannya dapat berupa cash atau  bisa pula cashless, sesuai  dengan metode pembayaran yang tersedia pada SPBU yang kita tuju.

Setiap transaksi dengan kartu debit yang telah sinkron dengan Mypertamina, maka akan dikenakan 1,5% biaya platform dari harga Mypertamina.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama transaksi BBM melalui aplikasi di handphone, hal tersebut sudah diantisipasi dengan memerhatikan hal-hal sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan