Mohon tunggu...
erni rokhmawati
erni rokhmawati Mohon Tunggu... Lainnya - Akuntan

Saya merupakan mahasiswa akuntansi 2018 dari FEB-UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wow! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Pelaku UMKM Memasarkan Produknya Secara Online

2 Agustus 2021   08:43 Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:06 50 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wow! Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Pelaku UMKM Memasarkan Produknya Secara Online
Gambar 1 Penyerahan Booklet Online Marketing

Kelurahan Candi (29/7/2021) - Mayoritas masyarakat Kelurahan Candi bekerja sebagai pedagang, terdapat juga buruh industri, buruh bangunan, PNS, pensiunan, serta jasa lainnya. Masyarakat pemilik usaha di RW 5 Kelurahan Candi ini memiliki produk usaha beragam, seperti usaha pembuatan roti, frozen food, penjahit lokal, kuliner, dan snack. Dengan modal usaha kecil, pelaku UMKM di RW 5 Kelurahan Candi masih dapat berkembang meski dengan ruang lingkup pemasaran yang terbatas. Sehingga masih perlu banyak pengembangan dari segi pemasaran yang masih dipasarkan di toko secara offline. Pengembangan dari aspek ini diperlukan untuk menunjang keberlangsungan usaha di tengah masa PPKM akibat Covid-19.

Untuk itu dalam rangka meningkatkan penjualan dan pendapatan pelaku UMKM Kelurahan Candi khususnya di RW 5 itu dapat bertahan para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya tidak hanya secara offline saja melainkan secara online juga. Maka dari itu, perlu adanya sosialisasi dan pelatihan mengenai online marketing melalui social media dan marketplace seperti Shopee. Karena seperti yang kita rasakan sekarang, gaya hidup era sekarang serba menggunakan gadget untuk memesan apapun. Hal ini merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan jaringan pemasaran, memperkenalkan produk ke luar daerah, dan meningkatkan pendapatan.

Gambar 2 Pelatihan Online Marketing
Gambar 2 Pelatihan Online Marketing

Sosialisasi dan pelatihan mengenai online marketing ini dilakukan secara door to door dan daring pada Kamis (29/7) hingga Jumat (30/7) mahasiswa KKN melakukan sosialisasi pertamanya pada pelaku UMKM dans.keik_semarang yang usahanya berfokus pada pembuatan roti, snack, dan makanan kering. Dilanjutkan dihari berikutnya, melakukan sosialisasi dan pelatihan online marketing pada pelaku UMKM lokal penjahit milik Bapak Toni yang menghasilkan produk masker kain dan lain-lain. Dimana, dalam rangkaian kegaiatan para pelaku UMKM dilatih mengenai pembuatan akun Shopee, membuat desain produk,serta memasarkan melalui Shopee Seller Center. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pelaku UMKM di RW 5 Kelurahan Candi dapat meningkatkan pendapatan dan penjualannya meski dimasa PPKM ini. Program kegiatan ini dilakukan dengan tetap mengikuti protocol Kesehatan yang berlaku.

Nama  : Erni Rokhmawati (Akuntansi 2018-FEB)

Lokasi : RW 5 Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang

DPL     : Dr. Ir. Martini., M.Kes

KKN TIM II UNDIP 2020/2021

#ReportaseMinggu5 #ProgramMonodisiplin2

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x