Mohon tunggu...
Erni Kurniasih
Erni Kurniasih Mohon Tunggu... Lainnya - https://www.kompasiana.com/erni24679

Penggembala domba menggapai asa !

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Sederhana Taklukan Beasiswa S2 LPDP

27 Januari 2021   11:48 Diperbarui: 6 Mei 2021   21:42 650 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Sederhana Taklukan Beasiswa S2 LPDP
Beasiswa LPDP (Sumber: LPDP Via edukasi.kompas.com)

Bagi teman-teman di seluruh Indonesia, para pelajar, mahasiswa atau yang punya concern dengan pendidikan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP adalah sebuah Lembaga yang beroperasi di bawah beberapa kementrian, salah satunya Kementerian Keuangan RI. 

LPDP menawarkan beberapa program beasiswa untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga.

Untuk mendapatkan beasiswa LPDP, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dan tentunya tidak mudah, yakni dari mulai tahapan pengumpulan administrasi yang dipersyaratkan, pendaftaran, seleksi administrasi, Seleksi Berbasis Komputer (SBK), dan seleksi wawancara. 

Saya termasuk salah satu yang pernah berjuang untuk mendapatkan beasiswa S2 LPDP dalam negeri. Atas izin-Nya, saya dipercaya untuk mengemban amanah melanjutkan pendidikan S2 dengan dibiayai oleh LPDP.

Nah, bagi teman-teman yang berminat untuk mengikuti atau mendaftar salah satu program beasiswa LPDP, berikut saya rangkum beberapa tips penting lolos beasiswa LPDP;

1. Miliki Tekad yang Kuat. 

Tekad yang kuat merupakan salah satu modal utama untuk mendapatkan apapun yang kita inginkan. Begitupun ketika kita ingin mendapatkan beasiswa. Akan ada banyak tantangan dan tahapan yang mungkin dirasa berat saat menjalani seleksi demi seleksi. Tapi, tekad yang kuat ini dapat menjadi modal berharga teman-teman ketika menjalani serangkain seleksi beasiswa tersebut. 

Untuk memantapkan tekad, teman-teman bisa mulai berlatih untuk meningkatkan motivasi. Caranya, lihatlah ke dalam diri teman-teman sendiri, sebenarnya apa yang ingin teman-teman perbuat dan hasilkan untuk lingkungan sekitar, termasuk di dalamnya keluarga, khususnya orang tua.

dok. pribadi
dok. pribadi
2. Baca Petunjuk dengan Seksama.

Poin yang kedua ini tak kalah pentingnya. Tidak sedikit dari calon pelamar beasiswa terkadang enggan untuk membaca secara seksama informasi yang ada di Website LPDP. Padahal seluruh informasi seperti prosedur dan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah tercantum dengan jelas di sana. 

Jadi, teman-teman harus ubek-ubek dan baca informasi tersebut secara seksama dan menyeluruh agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menghambat perjuangan teman-teman .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN