Mohon tunggu...
Ernawati Widyaningsih
Ernawati Widyaningsih Mohon Tunggu... Psikolog Klinis

Sehari-hari berpraktik psikolog di Charisma Consulting dan Unit Konsultasi Psikologi Fakultas Psikologi UGM. Tertarik dengan kesehatan mental, pengembangan diri, gaya hidup, manajemen stres, dan psikologi positif.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Rayakan Hari Bumi, Mari Kembali Terkoneksi dengan Alam

22 April 2021   08:40 Diperbarui: 22 April 2021   08:51 248 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rayakan Hari Bumi, Mari Kembali Terkoneksi dengan Alam
Photo by Ladyfern Photos from Unsplash 

Pada era modern ini, kita semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan teknologi. Tanpa kita sadari, kita sering kali menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, beraktivitas di depan layar, atau mengerjakan berbagai aktivitas harian dengan menggunakan bantuan alat/mesin. Kita semakin jarang beraktivitas di luar ruangan dan menggunakan indra kita secara langsung.

 Tahukah Anda bahwa berbagai penelitian menunjukkan banyak sekali manfaat yang didapat saat kita beraktivitas di alam atau kembali terkoneksi dengan alam, serta saat kita kembali menggunakan indra kita untuk bersentuhan dengan alam.

Manfaat bagi Fisik

Saat kita melakukan aktivitas yang berhubungan dengan alam, tubuh akan bergerak lebih daripada saat kita hanya berada di dalam ruangan. Seluruh indra kita di dalam tubuh akan diaktifkan. Hal ini tentu akan memberikan energi pada tubuh kita. Secara tidak langsung imun tubuh pun akan menguat. Berbagai bakteri baik dari alam membangun flora* baik di dalam tubuh yang membuat kita tidak mudah terserang penyakit.

Berbagai penelitian menunjukkan saat seseorang hidup dekat dengan alam, risiko mengalami obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan asma akan berkurang. Makanan yang alami juga terbukti baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya memberikan dampak baik bagi tubuh. Selain itu, saat kita berada di alam, mata kita juga terlatih untuk melihat dalam jarak pandang yang jauh dan jarang kita rasakan saat kita terus menerus berada di dalam ruangan. Dengan kata lain, alam memberikan efek positif pada kesehatan tubuh kita.

*) bakteri dan organisme lain yang hidup di dalam usus

 Manfaat bagi Psikologis / Mental

Tidak hanya pada kesehatan fisik, alam juga terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Saat kita melakukan aktivitas yang melibatkan alam, ada perasaan positif yang meningkat. Berbagai penelitian juga membuktikan keterkaitan dengan aktivitas di alam dengan tingkat kebahagiaan. Beberapa aktivitas di alam juga memberikan efek menenangkan, seperti jogging di taman, piknik, berjemur di pantai, bersantai di bawah pohon rindang, camping, berkebun, menikmati pemandangan burung yang berterbangan, dll.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa banyaknya tumbuhan hijau dan udara segar yang kita hirup, dapat memberikan efek pada pikiran yang lebih tenang dan segar. Hal ini membuat kita lebih rileks dan mengurangi stres. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan di alam terbuka dan memandang gambar-gambar alam dapat meningkatkan fokus perhatian.

Saat kita kembali beraktivitas dengan melibatkan alam, kita memperbaharui keterhubungan kita dengan alam. Hal ini dapat membuat kita lebih tenang dan seimbang di sela-sela berbagai kesibukan dan tuntutan akan kebutuhan. Kita mulai kembali menyadari dan menikmati keindahan dan, kesegaran alam yang membuat kita semakin bersyukur. (Cardone, 2017)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN