Mohon tunggu...
Erna Rizqia Mahardhany
Erna Rizqia Mahardhany Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Tim II KKN Undip

hi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Terungkap! Cara Mudah Budidaya Hidroponik di Rumah

15 Agustus 2022   00:50 Diperbarui: 15 Agustus 2022   01:12 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalicari (22/7) - Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022, Erna Rizqia Mahardhany melakukan kegiatan pelatihan hidroponik guna mengedukasi masyarakat tentang budidaya tanaman yang tidak memakan lahan luas. Selain itu kegiatan pelatihan ini dapat menambah keterampilan bercocok tanam khususnya ibu -- ibu PKK RW. 05 Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan.

Hidroponik adalah lahan budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah, sehingga hidroponik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai medium untuk menggantikan tanah. Sehingga sistem bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang sempit. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Pelatihan hidroponik yang dilaksanakan di RW. 05 Kelurahan Kalicari merupakan hidroponik sistem wick. Bahan yang dibutuhkan adalah benih sayuran hijau, larutan AB Mix, air. Alat yang dibutuhkan adalah bak sebagai wadah larutan hidroponik, rockwool sebagai media tanam, netpot atau dapat diganti menggunakan gelas air kemasan, dan papan atau sterofoam sebagai alat untuk menadah netpot. Hidroponik dapat ditanam dengan cara penyiapan alat dan bahan, kemudian rockwool dipotong kotak kecil agar masuk kedalam netpot, rockwool yang telah terpotong dilubangi di bagian tengah dan dimasukkan benih, kemudian disiram dengan air sampai lembab, semai benih selama kurang lebih 2 minggu. Benih yang sudah siap tanam dapat dipindahkan ke dalam netpot dan dimasukkan ke dalam wadah hidroponik yang telah berisi larutan AB Mix. Lakukan pengecekan rutin dan penambahan larutan setiap seminggu sekali. Tanaman dapat dipanen setalah 2 -- 3 bulan tergantung umur tanaman yang ditanam.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat, antusiasme yang tinggi, serta mendapat respon yang positif karena budidaya hidroponik sistem wick yang dikenalkan tergolong mudah dan tidak membutuhkan lahan luas dalam pelaksanaannya sehingga ibu-ibu PKK yang berada di RW. 05 tertarik dan dapat melaksanakan budidaya hidroponik dirumah masing masing dengan memanfaatkan wadah/ember serta barang barang rumah tangga lainnya.

Penulis : Erna Rizqia Mahardhany/S1-Agroekoteknologi/FPP

DPL : Dr. Ir. Wahju Krisna Hidajat., MT

Lokasi : RT.01/RW.05, Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun