Mohon tunggu...
Erna NurvitaSari
Erna NurvitaSari Mohon Tunggu... Mahasiswi

“ Hidup adalah pilihan, apapun yang membuatmu sedih maka tinggalkan. Dan apapun yang membuatmu bahagia maka pertahankan”

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Perenialisme Beserta Pemikiran Tokoh-tokohnya

13 Mei 2020   07:42 Diperbarui: 13 Mei 2020   07:45 28 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualikum Wr. Wb

Disini saya akan menjelaskan dari pemahaman saya tentang filsafat pendidikan perenialisme beserta pemikiran tokoh-tokoh dalam filsafat pendidikan perenialisme.

A. Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme

Aliran perenialisme yaitu sebuah aliran filsafat pendidikan yang muncul pada abad ke-20. Aliran ini menentang tentang pandangan progesivisme yang menentang suatu perubahan dan menimbulkan hal yang baru. Aliran ini beranggapan bahwa dunia atau era saat ini penuh dengan kekacauan atau ketidakpastian dalam hal moral, intelektual dan sosial kultural. 

Perenialisme berasal dari kata "perenial" yang berarti abadi atau kekal. Jika di dalam filsafat pendidikan perenialisme ini mengungkapkan bahwa pendidikan sebagai suatu jalan kembali atau proses pengembalian manusia pada masa yang lampau. 

Sehingga di dalam pendidikan aliran perenialisme dapat memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai yang bersifat pasti, abadi dan absolut yang terdapat pada kebudayaan tersebut. Di dalam filsafat pendidikan perenialisme ini memiliki 4 prinsip di dalam pendidikan yaitu: 

1) kebenaran bersifat universal

2) pendidikan yang baik akan mencari suatu kebenaran

3) kebenaran dapat ditemukan dalam suatu karya

4) Pendidikan dapat mengembangkan beberapa penalaran dalam tokoh-tokoh perenialisme. 

B. Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Perenialisme. 

1) Robert Maynard Hutchins 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x