Mohon tunggu...
Ni Putu Ermina
Ni Putu Ermina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi FPP Undip

Mahasiswi FPP Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi KKN Tim II Undip Ajak Warga Berhemat Bahan Makanan

1 Agustus 2021   12:01 Diperbarui: 1 Agustus 2021   12:02 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswi KKN Tim II Undip Ajak Warga Berhemat Bahan Makanan
Foto: Dokumentasi Pribadi

Purwakarta -- Salah satu dampak lonjakan angka pasien positif Covid-19 secara nasional mendorong pemerintah untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk Pulau Jawa dan Bali. Aturan ini mengharuskan warganya untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Tujuannya supaya meminimalisir kontak dengan orang lain yang berpotensi memperlebar rantai penyebaran virus Covid-19.

Akan tetapi tidak semua aktivitas bisa dilakukan dari rumah, misalnya saja berbelanja. Kegiatan membeli bahan makanan biasa dilakukan setiap hari supaya mendapatkan bahan makanan yang segar dan berkualitas. Namun dengan adanya PPKM, aktivitas ini sedikit terhambat sebab pusat perbelanjaan dibatasi.

Hal ini lah yang mendorong mahasiswa Universitas Diponegoro asal Purwakarta yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata untuk membantu menemukan solusi permasalahan ini. Program yang disusun berupa sosialisasi cara penyimpanan bahan makanan yang benar serta cara budidaya tanaman sayuran. Tujuannya adalah supaya masyarakat dapat lebih berhemat dalam membeli bahan makanan serta meminimalisir aktivitas keluar rumah demi mempersempit rantai penyebaran Covid-19.

"Program ini diharapkan dapat membantu para warga menghemat pengeluaran berbelanja dan menjaga ketahanan pangan keluarga, serta yang pasti mengajak warga untuk tetap di rumah," ungkap Ni Putu Ermina, mahasiswi Jurusan Agribisnis Fakultas Peternakan dan Pertanian yang mengadakan program ini, Sabtu (24/7/2021).

Sosialisasi dilakukan secara daring dengan ditujukan kepada ibu-ibu PKK RT 40 Kelurahan Nagrikaler sebanyak 25 orang. Kegiatan dilakukan dengan membagikan modul berjudul "Cara Penyimpanan Bahan Makanan yang Baik Demi Mendukung Upaya #DirumahSaja" di grup Whatsapp kemudian dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi. Diakhir sosialisasi diadakan pula kuis berhadiah planting kit supaya para pemenang kuis dapat segera mengimplentasikan ilmunya dalam budidaya tanaman sayuran.

"Kebetulan saya suka menanam sayuran dan dengan adanya sosialisasi ini saya jadi lebih tahu cara mengatasi kendala yang telah saya alami. Sosialisasi ini sangat bermanfaat sekali," ujar Siti, salah satu peserta sosialisasi ini.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para warga khususnya masyarakat Kelurahan Nagrikaler dapat lebih berhemat dengan menyimpan bahan makanan dengan benar serta mulai mencoba budidaya tanaman sayuran. Selain itu diharapkan warga selalu menjaga physical distancing selama masa pandemi Covid-19 ini.

DPL: Dr. Aminah, S.H., M.Si

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x