Mohon tunggu...
Ermansyah R. Hindi
Ermansyah R. Hindi Mohon Tunggu... Lainnya - Aktivis Masyarakat Pengetahuan, Free Writer, ASN

Bacalah!

Selanjutnya

Tutup

Diary

Bersama atau Tanpa Tingkatan Nol?

24 September 2022   07:55 Diperbarui: 24 September 2022   08:06 45 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Bentuk-bentuk kehidupan bendawi memungkinkan dirinya untuk menjamin kelangsungan eksistensi lain dalam alam yang berkelanjutan.

Orang tidak dipaksa untuk mengakui sejumlah variasi pilihan dan juga tanpa beban untuk menghormati perbedaan kondisi yang dipilih secara silih berganti kedatangannya.

Kondisi hidup yang kemungkinan dijalani oleh orang akan memilih mana paling tepat dengan tidak mengabaikan mata, telinga, dan mulut menuju bentuk, yang untuk 'sementara waktu' bagi manusia dalam suasana riang gembira.

Tatkala saling tertarik, mereka tidak mampu untuk bertahan jika berada dalam ketunggalan kondisi.

Berkat variasi hidup yang tetap mempertahankan eksistensinya mampu bergeser sejauh mungkin. Ia menegaskan perubahan kondisi hidup telah menghasilkan lonjakan pertama dari penurunan menuju kekuatan wujud renik yang berkelanjutan.

Dari proses berlanjut hingga satu makhluk hidup mewujudkan diri dalam eksistensi baru, yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan metamorfosisnya. Ia nampak sealamiah mungkin ketika orang mempersiapkan dan membawa kerentangan kontinuitas dalam waktu.

Dalam keseluruhan proses dimulai dari 'larva'. Ia terus menjadi 'kepompong', akhirnya suatu saat berbiak menjadi 'kupu-kupu'. Makhluk hidup berupa jaringan renik paling tidak meraih pergantian generasi akan mengubah secara gradual dari satu perubahan ke perubahan lain, sehingga ia akan melengkapi sejumlah struktur dan karakter makhluk hidup dari seluruh yang telah mengawalinya.

Kita tidak melihat lagi bentuk kelonjakan dan penurunan sesuai bidang koheren dan solid, yang mereka rajut semata-mata hasil dari satu pembentukan kontinuitas berhadapan dengan wilayah kompleksitas dan kesempurnaan eksistensi tidak diragukan nampak lebih berbeda.

Perlintasan durasi atau waktu bukanlah jaminan dari seseorang atau pengambil kebijakan yang lebih tinggi untuk membawa satu kontinuitas penurunan jumlah kasus tertentu paling kritis sepanjang sejarah.

Kontinuitas bukanlah kekuatan manusia untuk menghilangkan tahapan kritis dalam hidupnya, melainkan ketersedian waktu bagi orang-orang untuk menjalani kehidupan berbahaya.

Manusia tidak bisa memainkan apapun tanpa kuasa waktu ketika tidak mempermasalahkan lagi tanda-tanda kontinuitas, entah itu diabaikan atau dibiarkan menghilang dalam variasi kehidupan. Kondisi hidup yang dipilih oleh orang dalam durasi kembali meninggalkan jejak-jejak dan tanda-tanda perubahan waktu yang tidak berhenti, selanjutnya memungkinkan kita mengenali hal-hal terlupakan, jelas, dan samar wujud lahiriahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan