Mohon tunggu...
Erlangga MuharPerdana
Erlangga MuharPerdana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Halo

HALO SEMUANYA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Meningkatkan Keahlian Bahasa Inggris di Indonesia sebagai Salah Satu Bahasa Komunikasi pada Era Globalisasi

25 Oktober 2021   23:00 Diperbarui: 25 Oktober 2021   23:23 294 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia menjadi salah satu negara yang sudah memasuki era globalisasi, bagi masyrakat Indonesia era globalisasi ini merupakan tempat bercampurnya berbagai latar belakang Bahasa dan budaya dari berbagai negara. Tetapi, masih ada beberapa kelemahan dari sumber daya manusi (SDM) di Indonesia, terutama untuk penggunaan dan penguasaan bahasa asing yang rendah. Tenaga kerja profesional Indonesia pun harus bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. 

Terdapat banyak perusahaan-perusahaan asing yang sudah mulai menanamkan modalnya di Indonesia. Situasi ini pun menjadikan adanya urgensi terhadapa penguasaan Bahasa asing salah satunya, yaitu Bahasa Inggris sebagai Bahasa komunikasi bisnis. Artikel ini saya budengan dengan tujuan untuk mengetahui sebarap pentingnya penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa komunikasi bisnis.

Di saat era globalisasi yang semakin berkembang, manfaat komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Perkembangan IPTEK serta dorongan dari zaman yang semakin berkembang dan modern, memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa berkomunikasi secara internasional. 

Dengan adanya pemberlakukan pasar bebas memberikan kesempatan dan tantangan bagi sumber daya manusi (SDM) Indonesia supaya mampu bersaing dan bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia (SDM) Indonesia merupakan salah satu hal penting supaya dapat menyaingi persaingan global. Tenaga kerja professional Indonesi pun harus bisa bersaingan dengan tenaga kerja professional asing.  

Salah satu cara yang penting untuk meningkatkan GDP negara Indonesia, yaitu dengan melakukan perdagangan internasinal. Perdagangan internasional juga memiliki manfaat salah satunya adalah sebagai sarana untuk mempererat kerja sama setiap negara dengan negara lainnya. Karena apabilas semakin eratnya hubungan kerja sama  anata negara Indonesia dengan negara-negara lain, maka perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia harus mulai meningkatkan kinerja serta keahliannya. 

Baik dalam mengembangkan sumber daya manusia maupun teknologinya. Supaya menjamin kelancaran saat melakukan transaksi perdagangan, harus ada hal yang tidak mampu untuk dipisahkan, yaitu pemahan terkait komunikasi bisnis yang baik.Seorang tenaga kerja professional biasanya dituntut untuk mempunyao keahlian berkomunikasi yang baik, dalm konteks ini yaitu kemampuan Bahasa asing.

Alat komunikasi manusia di dunia ini adalah bahasa. Menurut Chaer, Bahasa ialah system lambing berupa bunyi, bersifat arbitrer yang digunakan oleh masyarakat untuk berbicara, bekerjasama, berkomunikasi dan untuk mengidentifikasi diri. Bahasa internasional yang pertama digunakan untuk berkomunikasi dalam berbagai kegiatan dikehidupan sehari-hari adalah Bahasa Inggris. 

Di dunia bisnis pun Bahasa inggris memiliki peran sebagai Bahasa internasional dari berbagai komunitas bisnis untuk keseragaman dalam berkomunikasi supaya menghasilakan kerja sama yang sukses. Supaya negosiasi bisnis dengan suatu negara berjalan dengan lancar pun, harus bisa menggunakan suatu Bahasa yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Komunikasi disini, bisa berupa lisan atau tulisan, Bahasa inggris juga dipilih sebagai Bahasa komunikasi bisnis supaya dapat berkomunikasi dengan lancer maupun tidak terjadinya kesalahpahaman saat bekerja sama. Hal tersebut menjadikan Bahasa inggris menjadi suatu kebutuhan bagi kebanyakan manusia pada era globalisasi ini.

Di dalam komunikasi bisnis, bagaimana seseorang mengolah Bahasa asal daerah atau negaranya menjadi Bahasa yang bisa dimengerti oleh sang penerima, hal itu bagaimana kita memahami struktur Bahasa yang baik, bagaiman menghindari adanya penggunaan struktur khusus suatu Bahasa, seperti Bahasa yang ambigu dan peribahasa. Seluruh hal tersebut merupakan factor Bahasa, oleh karena itu penguasaan Bahasa asing, khususnya Bahasa inggri oleh seorang tenaga kerja professional atau sumber daya manusia (SDM) negara Indonesia menjadi hal yang sangat penting. Mengingat bahawa Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang umum digunakan saat berada di dunia bisnis Indonesia saat ini.

Saat ini kita sudah tau bahwa Bahasa inggris di era globalisasi ini menjadi salah satu Bahasa utama dan secara resmi dianggap sebagai Bahasa perantara di berbagai penjuru dunia. Bahasa perantara dunia pertama yang banyak digunakan dalam berbagai bidang merupakan Bahasa inggris. Keahlian berbahasa inggris sudah menjadi keperluan dalam seluruh bidang pekerjaan, ilmu dan profesi, sebagai implikasinya, lebih dari 1 Milyar manusia di dunia bisa menggunakan Bahasa inggris paling tidak pada tingkat dasar. Salah satu dari enam Bahasa resmi PBB, yaitu Bahasa inggris.

Menurut penelitian suatu lembaga Bahasa inggris Education First (EF), pada tahun 2015, Bahasa inggris sudah diterima secara menyeluruh menjadi Bahasa internasional yang paling utama. Saat ini bahasa inggris sudah diakui keahlian dasar yang diperlukan untuk setiap siswa dalam suatu sistem pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan