Mohon tunggu...
Erlina Ayu Lestari
Erlina Ayu Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan prodi Jurnalistik. Saya memiliki minat pada dunia kepenulisan, publik speaking, dan broadcasting. Maka dari itu, saya mengambil konsentrasi jurusan Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pendidikan lanjutan saya. Saya seseorang yang dapat berkomunikasi dengan baik, dan senang menerima serta mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Banjir Lahar Semeru, Jembatan Limpas Tidak Bisa Dilewati, Warga Terisolasi!

7 Desember 2022   02:30 Diperbarui: 7 Desember 2022   18:08 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tertutupnya akses jalan jembatan limpas menuju Dusun Sumberlangsep di Desa Jugosari, Kabupaten Lumajang, Jatim.  Sumber foto : IG @thoriqul.haq

LUMAJANG - Terisolasinya warga Desa Jugosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, disebabkan tertutupnya akses jalan jembatan limpas oleh material lahar dingin Gunung Semeru, Selasa (6/12/2022). 

Hujan deras dengan intensitas tinggi Gunung Semeru mengakibatkan keluarnya banjir lahar dingin pada Selasa, 6/12/2022.  Banjir lahar dingin itu menerjang kawasan aliran sungai di Lumajang. Akibat lahar dingin tersebut, membuat akses jalan jembatan limpas menuju Dusun Sumberlangsep Desa Jugosari tertutup, para warga satu dusun Sumberlangsep pun terpaksa terisolasikan. 

"Warga Dusun Sumberlangsep Desa Jugosari Lumajang telah terisolasi, dikarenakan lahar dingin Semeru yang terjadi hari ini," ujar Thoriqul Haq, selaku Bupati Lumajang, Selasa (6/12/2022). 

Banjir lahar Semeru itu membawa material vulkanik sisa awan panas berguguran, hal ini diakibatkan letusan sekunder yang menimbulkan kepulan asap. Sehingga, mengakibatkan sepanjang aliran sungai di Lumajang dipenuhi material vulkanik Semeru yang suhunya masih panas, dan salah satunya tertutupnya akses jembatan limpas yang membuat tidak bisa dilewati. 

Bupati Lumajang yang biasa dipanggil cak Thoriq itu mengatahkan bahwa baru beberapa waktu yang lalu, jembatan limpas dibangun kembali untuk jalan askes masyarakat. Namun, saat ini jembatan tersebut sedang tidak bisa dilewati karena material lahar dingin Gunung Semeru sudah menutupi jembatan itu. 

"Menghimbau untuk masyarakat yang berada di Sumberlangsep untuk tetap siaga. Untuk masyarakat yang berdekatan di aliran lahar, dimohon untuk tidak mendekat, kami tetap antisipasi keadaan yang mana sewaktu-waktu harus evakuasi, tetapi sejauh ini masih tetap aman, walaupun untuk aliran laharnya sudah di atas jembatan," ucap Bupati Lumajang. 

Ia mengatakan untuk para petugas dari BPBD maupun Basarnas harus terus bersiaga sambil mengimbau masyarakat agar tidak mendekati aliran lahar guna memastikan keselamatan masyarakat. Ia juga menjelaskan bahwa Pemkab bersama Satgas penanganan bencana akan berusaha melakukan antisipasi jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, terutama di Puncak Semeru. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun