Mohon tunggu...
Erliana
Erliana Mohon Tunggu... Dosen - "honesty is the currency of where ever you are"

Dosen Universitas Swasta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Monev SKKNI, SKEMA, MUK Asesor Universitas Pamulang

13 Oktober 2022   07:35 Diperbarui: 13 Oktober 2022   07:49 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah Pelatihan Asesor tanggal 22-25 Agustus 2022 dan kami di nyatakan "KOMPETEN" maka hari ini tanggal 10 oktober 2022 kembali kami melaksanakan monitoring dan evaluasi di Universitas Pamulang dan tujuan dari diadakan nya monev ini adalah memastikan bahwa skema yang kami ambil sudah benar benar siyap untuk di uji kompetensi kan kepada Mahasiswa. kembali kami di pertemukan oleh teman teman dosen seperjuangan yang kemarin sama sama pelatihan selama 4 hari. 

Masih terbayang di dalam ingatan saya pada saat pelatihan pada saat itu kami  mendapat 3 master Asesor yang membantu kami dalam pelatihan, 4 hari yang penuh dengan kegiatan yang sangat menguras tenaga, fikiran dan stamina tentu nya. acara nya dimulai dari jam 8.00 wib dan berakhir hingga jam 17.00 WIB. dan tugas yang begitu banyak yang harus kami selesaikan saat itu juga. suara deru mesin printer bersaut sautan karena dari kami wajib membawa peralatan sendiri sendiri.. 

Asesor kompetensi merupakan seseorang yang memiliki kewenangan dalam proses uji kompetensi yang merekomendasikan peserta uji dinyatakan kompeten atau belum kompeten. Melihat peran penting seorang asesor kompetensi maka perlu dipersiapkan suatu menisme dan prosedur dalam mempersiapkan nya, menyeleksi dan melatih, mensertifikasi dan mengembakan seorang untuk mencapai kompetensi yang di persyaratkan. 

setelah menyelesaikan monev kami wajib mempresentasikan di depan para rekan dosen dan master asesor. SKKNI,SKEMA, MUk belajar, belajar dan belajar adalah motto kami untuk menjadi kan mahasiswa yang akan kami uji kompetensi nya benar benar ketika lulus dari perkuliahan menjadi seorang yang berkualitas.

Uji kompetensi adalah suatu pengakuan terhadap tenaga kerka agar memiliki keterampilan dan pengetahuan. serta sikap kerja yang sudah pasti sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah di tetapkan dalam perusahaan pada khususnya.

sertifikat ini memberikan kepastian jika tenaga kerja atau pemilik sertifikat sudah terjamin akan kredibilitas kerjanya. terutama saat melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

sertifikasi professional adalah sertifikasi kerja yang dibutuhkan untuk mendaoatkan atau meningkatkan kompetensi di bidang tertentu. sertifikasi professional merupakan sertifikasi kerja yang di keluarkan oleh lembaga sertifikasi Profesi atau di singkat 

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) oleh Badan Nasional Sertifiksi Profesi (BNSP) dalam persaingan industri dan ketenagakerjaan yang ketat sekarang ini merupakan hal yang penting. Selain menunjukkan anda merupakan pekerja yang kompeten di bidang tersebut, dengan adanya sertifikasi kompetensi akan memudahkan perusahaan dapat memilih pekerja di nilai kompetensi di bidang yang di butuhkan.

"SALAM KOMPETEN" 

Terima Kasih untuk LSP Universitas Pamulang atas kesempatan nya saya menjadi bagian dari Asesor

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun