Mohon tunggu...
Erliana
Erliana Mohon Tunggu... Dosen - "honesty is the currency of where ever you are"

Dosen Universitas Swasta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tax Talks Muda Mengerti Pajak Tua Taat Pajak Seminar Akuntansi Perpajakan

2 Juli 2022   17:10 Diperbarui: 2 Juli 2022   17:12 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

            Muda Mengerti Pajak Tua Taat Pajak seminar akuntansi perpajakan yang di laksanakan secara offline begitu meriah dan antusiasime dari mahasiswa dan mahasiswi dalam mengikuti acara hari ini. Dengan mengusung tema yang membuat kita semua yang hadir hari ini merasakan manfaat dari seminarnya.

            Pemaparan  yang di sampaikan begitu lugas, tegas dan bersemangat sehingga membuat kita yang mendengarkan tidak merasa bosan dengan materinya. Penyampaian materi di mulai dengan sejarah pajak bahwa pajak  pada zaman kerajaan hingga hingga penjajahan pungutan bersifat memaksa. Pada zaman kerajaan pungutannya adalah upeti kepada raja sebagai persembahan yang dianggap sebagai wakil tuhan. Ada timbal balik dengan rakyat yang membayar pungutan. Rakyat mendapat jaminan dan ketertiban dari raja, bahkan pada zaman itu beberapa kerajaan juga melakukan sistem pembebasan pajak, terutama pada tanah perdikan. Memasuki era kolonial Hindia Belanda, pajak mulai dikenakan di Indonesia. Pajak yang diterapkan itu, seperti pajak rumah, pajak usaha, sewa tanah maupun pajak kepada pedagang. dilanjutkan dengan fungsi - fungsi pajak yang terdiri dari 4 fungsi yaitu: 

1. fungsi anggaran

2. fungsi mengatur 

3. fungsi stabilitas

4. fungsi retribusi pendapatan

            pemaparan di tutup dengan kutipan dari Benjamin Franklin Kepastian ? di dunia ini tidak ada yang pasti kecuali kematian dan pajak.

Acara di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta seminar dan terlihat para peserta begitu antusias menanyakan mengenai perpajakan betapa mereka menyadari sekali arti penting pengetahuan mengenai pajak. 

Tak lupa panitia seminar menyediakan door prize sebagai penyemangat dan memeriahkan suasana seminar. Acara di akhiri dengan sesi foto bersama dengan nara sumber terima kasih untuk seminar hari ini yang baru pertama kami adakan dan terlaksana dengan sangat baik dan ada beberapa  catatan buat kami untuk seminar yang akan datang lebih baik lagi.

Terima kasih untuk Panitia seminar dan HIMA akuntansi perpajakan yang sudah sukses dalam seminar perdana akuntansi perpajakan.

#tidak ada rahasia untuk sukses ini adalah hasil dari persiapan, kerja keras dan belajar dari kegagalan# 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun