Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cara Menarik Investor Agar Mau Berinvestasi

17 Februari 2020   09:09 Diperbarui: 17 Februari 2020   09:14 445 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menarik Investor Agar Mau Berinvestasi
businessamlive.com

Bagi seorang pebisnis, penting untuk mengetahui bagaimana cara menarik investor agar mau berinvestasi di sebuah perusahaan. Ilmu menarik investor agar mau berinvestasi tidak hanya dibutuhkan oleh para pelaku startup, bisnis-bisnis dalam bentuk apapun sangat membutuhkan suntikan modal dari para investor.

Seseorang yang sedang merintis perusahaan barunya, butuh investasi dari seorang investor jika ia ingin perusahaanya berkembang dengan pesat. Karena dengan begitu, ia akan memiliki modal yang besar untuk mengembangkan perusahaannya. Dana dari investor tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki layanan, membuka cabang baru, beriklan, menambah produk dan lain-lain. Oleh karena itu, peran investor dalam mengembangkan perusahaan sangatlah penting.

Tetapi, saat ini para pebisnis banyak yang kesulitan menarik investor untuk berinvestasi di perusahaannya. Umumnya mereka adalah pebisnis baru dengan ide bisnis yang bagus tapi tidak memiliki kemampuan untuk menarik investor.

Para investor tentu saja tidak dengan mudah rela menggelontorkan uangnya ke sebuah perusahaan. Ia sudah pasti memiliki pertimbangan-pertimbangan untuk melihat bagaimana nasib bisnis tersebut kedepannya. Investor Kopi Kenangan dan investor Bukalapak misalnya, tidak mungkin mau berinvestasi jika tidak yakin dengan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus memiliki kemampuan untuk menarik investor agar mau berinvestasi di perusahannya.

Beberapa hal yang harus dilakukan pebisnis untuk  menarik investor diantaranya adalah pertama,  dengan menggunakan gunakan media sosial. Media sosial menjadi tempat yang bisa membuat apapun mudah ditemukan, dan masih merupakan salah satu metode yang paling efektif dalam menjangkau berbagai kalangan. Seorang pebisnis bisa mencoba dengan memposting secara berkala pembaruan perusahaan, produk, aktivitas perusahaan, layanan dan lain-lain. Sehinga dengan begitu, sebuah perusahaan semakin dekat dengan amatan publik yang bisa jadi beberapa diantaranya akan jadi investor.

Kedua, yakinkan investor dengan laporan keuangan yang stabil. Seorang investor akan mau berinvestasi jika perusahaan tersebut dilihat meyakinkan. 

Salah satu faktor yang membuat investor yakin adalah dengan keuangan perusahaan yang stabil. Karena, tidak mungkin seorang investor mau berinvestasi jika perusahaan tersebut sedang mengalami kebangkrutan dengan kondisi keuangan yang kacau-balau.

Ketiga, upgrade kemampuan personal untuk menarik investor agar mau berinvestasi. Artinya, seorang pebisnis harus rela belajar tanpa henti bagaimana caranya menarik investor agar mau berinvestasi di perusahannya. Dengan strategi dan kemampuan yang dimiliki seorang pebisnis, sangat mungkin seorang investor mau berinvestasi meski perusahaan tersebut masih baru. Yang penting, pebisnis tersebut mampu meyakinkannya untuk mau berinvestasi.

Strategi atau cara menarik investor agar mau berinvestasi inilaj yang bakal diulas oleh Tommy Nayoan (CEO Anomali Transition) di acara LifeX Talks Cerdas Finansial Untuk menarik Investor. Acara ini sangat cocok bagi para wirausahawan, mompreneur, pebisnis online serta pelaku startup.

Dengan ulasan yang menarik, acara yang akan dilangsungkan pada Jumat, tanggal 21 februari 2020 itu bisa diikuti dengan mendaftarkan diri cdi aplikasi GreatEdu. Cara daftarnya pun sangat mudah, yakni dengan menginstal dan membuka aplikasi GreatEdu, kemudian klik fitur GreatEvent maka flyer pendaftarannya pun sudah tersedia di sana.

VIDEO PILIHAN