Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Catat! Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Lagi Gagal Mendapatkan Beasiswa

28 Desember 2019   17:14 Diperbarui: 28 Desember 2019   17:16 58 0 0 Mohon Tunggu...
Catat! Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Lagi Gagal Mendapatkan Beasiswa
Sumber: imghulk.com

Baik di dalam negeri maupun di luar negeri banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk para calon mahasiswa. Beasiswa ini bisa datang dari pemerintah maupun pihak swasta yang punya komitmen dalam membantu mencerdaskan anak bangsa. Di dalam negeri sendiri, salah satu beasiswa yang paling populer adalah beasiwa LPDP. 

Beasiswa ini menjadi primadona bagi anak-anak Indonesia lantaran bantuan yang diberikan sangat lebih daripada cukup. Selain dana untuk uang semester dan bulanan, beasiswa yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan ini juga memberikan uang buku yang lumayan banyak. Oleh karena itu tidak heran apabila pendaftar calon penerima beasiswa LPDP meningkat setiap tahunnya.

Tetapi, besarnya bantuan yang diberikan LPDP sesuai dengan seleksi penerima beasiswa yang super ketat. Makanya tidak heran apabila dari sekian banyak pendaftar terkadang hanya beberapa puluh orang saja yang lolos. Namun, sulitnya mendapatkan beasiswa LPDP dan beasiswa-beasiswa lainnya ini bukan bearti menjadikanmu mudah menyerah. Walaupun kamu sudah pernah mencoba untuk mendapatkannya dan gagal, tidak ada salahnya kamu kembali mengasah semangatmu. Sampai kapan? Sampai kamu mendapatkan beasiswa tersebut!

Bagi kamu yang ingin mengejar beasiswa, sudah pasti kamu harus benar-benar serius untuk mendapatkannya. Selain belajar yang rajin dan ketat, lima hal ini harus kamu lakukan agar kamu siap untuk mendapatkan beasiswa yang kamu impikan.

1. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

Umumnya pengumuman beasiswa dipampang di papan pengumuman ataupun di website atau iklan-iklan lainnya. Rajin-rajinlah mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan beasiswa tersebut. Jangan sampai kamu gagal karena informasi yang ada tidak sampai di telingamu. Hal ini tentunya akan membuat kamu sangat kecewa dan menyesal.

2. Meminta Nasehat Dari Guru

Seorang guru di sekolah, umumnya adalah mereka yang sudah melalui banyak hal di dunia ini. Maka sudah pasti mereka juga memiliki informasi atau ilmu yang bisa dibagikan untuk kamu yang sedang mencari beasiswa.  Hal ini berlaku bagi seorang siswa yang ingin mencari beasiswa untuk study SI, namun jika kamu mencari beasiswa S2 maka Hal yang tidak kalah penting adalah rekomendasi dari dosen kamu. Pastikan jika kamu mencari rekomendasi ini carilah dosen yang memiliki kompetensi lebih di bidangnya. Contohnya kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen yang sudah bergelar S3 (doktor) dibandingkan dosen yang masih bergelar S2 (master). Selain itu pastikan juga dosen tersebut memiliki jabatan khusus di kampusmu. Semakin tinggi jabatan strukturalnya maka rekomendasinya akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa tersebut.

3. Pelajarilah Bahasa Asing

Jika kamu memiliki impian untuk dapat melanjutkan study kamu ke kancah internasional, kamu patut mencoba mempelajari bahasa asing mulai dari sekarang. Jika kamu kesulitan untuk menemukan bahasa apa yang ingin kamu pelajari, kamu bisa mulai dengan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Saat ini telah banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki. Misalnya kamu bisa belajar secara Privat di GreatEdu. Sebuah aplikasi yang bisa didownload di HP untuk meningkatkan kemampuan bahasa asingmu.

4. Cerdik Melihat Peluang

Meraih beasiswa yang kamu cita-citakan tidak akan berhasil jika kamu tidak berusaha dengan sungguh-sungguh. Salah satu caranya adalah dengan melihat berbagai macam peluang yang ada. Jika di kampusmu sedang pembukaan beasiswa maka sesegera mungkin untuk mencari tahu syarat-syarat apa sajakah yang dibutuhkan. Selain itu kamu juga wajib tahu kapan batas waktu penyelenggaraannya. Jangan sampai terlambat.

Selain itu, ketahuilah kemampuan dirimu. Jika kamu memiliki bakat sebagai atlet olahraga, maka hal tersebutlah yang musti kamu latih dan kembangkan lebih jauh lagi. Kumpulkan sebanyak mungkin portofolio yang pernah kamu raih untuk meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu layak untuk diberi penghargaan berupa beasiswa.

5. Seringlah Belajar, Berlatih, dan Berdoa

Hal ini merupakan modal utama bagi kamu yang ingin lolos beasiswa incaran kamu. Jangan merasa bahwa kamu sudah ahli, namun terus asah kemampuanmu untuk membangun kualitas diri. Semakin besar cakupan beasiswa yang kamu ikuti, maka semakin berat pula pesaingnya. Selanjutnya hal yang tidak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa supaya bisa dimudahkan dalam proses seleksi beasiswa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x