Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lakukan Hal Ini, Agar Kamu Bisa Lulus 10 PTN Terbaik di Indonesia

16 November 2019   15:46 Diperbarui: 16 November 2019   15:50 46 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lakukan Hal Ini, Agar Kamu Bisa Lulus 10 PTN Terbaik di Indonesia
Ilustrasi Universitas (Foto: Maxmanroe)

Tahun ini lembaga riset terbesar dari Spanyol, Webometrics Ranking of World Universities milik Consejo Superior de Investigaciones Cientficas (CSIC), merilis daftar universitas terbaik yang ada di Indonesia. Daftar ini terdiri dari PTS (perguruan tinggi swasta) dan  PTN (perguruan tinggi negeri).

Webometric melakukan penilaian dari  empat indikator yaitu presence, impact, openness serta excellence.

Pada Presence itu diukur berdasarkan jumlah web site yang dimiliki sebuah universitas, termasuk subdomainnya juga. Kemudian impact yang menilai jumlah backlink dari web site luar. Selanjutnya adalah openness yaitu mengukur berdasarkan jumlah file (Adobe Acrobat, Adobe PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint) yang bisa diakses dan terhubung dengan domain web site universitas.

Sedangkan pada excellence yang mereka nilai adalah  jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi. Mana saja kampus terbaik versi Webometrics?

Pertama, Universitas Gajah Mada  (UGM).  Kampus yang berada di Kota Kraton Yogyakarta ini menduduki peringkat pertama di Indonesia versi Webometrics. Sementara itu peringkat Asia, UGM menempati 157 di Asia dan peringkat 845 di dunia. Kedua, Universitas Indonesia (UI). Tidak berbeda jauh dari UGM, kampus yang identik dengan warna kuning di Depok, Jawa Barat, ini menduduki peringkat 855 di dunia, dan peringkat 162 di Asia.

Ketiga adalah Institut Teknologi Bandung. Posisi ketiga di Indonesia diduduki oleh ITB, yang berada di peringkat 1132 di dunia, dan 248 di Asia. Keempat, adalah Ilmu Pertanian Bogor (IPB). Kampus yang terletak di Bogor ini berada di posisi keempat di Indonesia, 308 di Asia, dan 1285 di dunia.

Kelima Universitas Sudirman. Kampus yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini berada di posisi kelima di Indonesia, 338 di Asia, dan 1368 di dunia. Keenam adalah Universitas Brawijaya. Di Asia, Unbraw berada di peringkat 390, dan menduduki posisi ke-1521 di dunia.

Ketujuh adalah Institut Teknologi Surabya (ITS). Kampus teknologi di Surabaya, Jawa Timur ini meraih posisi ke-397 di Asia dan 1540 di dunia. Kedelapan adalah UNS. UNS berada di posisi 445 di Asia dan 1675 di dunia.

Kesembilan adalah Universitas Syah Kuala (Unsyiah). PTN yang berada di Serambi mekah Banda Aceh ini menduduki posisi ke-455 di Asia, dan 1701 di dunia. Terakhir adalah Universitas Padjajaran (Unpad). Unpad menduduki posisi 506 di Asia dan posisi 1819 di Dunia.

Ini adalah 10 universitas terbaik yang berada di Indonesia versi Webometrics. Sehingga bagi kamu yang akan melanjutkan studi, maka bisa memilih salah satu diantaranya.  Namun, kampus terbaik tentu akan menjadi tujuan banyak orang untuk kuliah di sana. Sehingga ini berdampak pada tingginya persaingan  masuk ke Universitas tersebut. Jadi, jika kamu tidak mempersiapkan dirimu dari sarang, maka bisa jadi kamu akan gagal. Apalagi sebagaimana yang dikansir oleh CNN News bahwa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berencana memajukan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi lebih cepat yakni pada akhir 2019. Rencana itu bakal diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Apa yang harus kamu lakukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x