Mohon tunggu...
Erlangga Wijaya
Erlangga Wijaya Mohon Tunggu... Penulis muda yang aktif di media sosial

Muda, Karya dan Kaya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penting! Cara Mudah agar Bisa Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

10 November 2019   18:25 Diperbarui: 10 November 2019   18:41 72 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting! Cara Mudah agar Bisa Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa
Penerima beasiswa luar negeri dan kuga youtuber Jerome Polin Sijabat (Foto: Jerome Polin)

Saat ini mahasiswa Indonesia sudah sangat banyak yang kuliah di luar negeri. Bahkan sebelum adanya beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sudah tidak terhitung warga Negara Indonesia yang berkuliah di luar negeri.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP adalah Beasiswa pemerintah Indonesia yang berada di bawah Kementerian Keuangan yang mengelola dana pendidikan sebagaimana amanat PMK Nomor 252 Tahun 2010. 

LPDP kemudian ditetapkan sebagai sebuah lembaga berbentuk Badan Layanan Umum pada 30 Januari 2012 setelah disahkannya KMK Nomor 18 tahun 2012. Dengan adanya LPDP minat masyarakat Idonesia untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin tinggi.

Selain beasiswa dari pemerintah Indonesia, sebenarnya lembaga-lembaga swastsa maupun dari Negara luar juga banyak yang menawarkan besasiswa untuk pelajar Indonesia. Bahkan perusahaan-perusahaan juga beberapa kali menyediakan beasiswa full untuk pelajar Indonesia.

Hal ini yang dimanfaatkan oleh seorang Youtuber Jerome Polin Sijabat. Jerome Polin adalah seorang Youtuber yang terkenal dengan konten-konten video tentang kehidupan sehari-harinya saat menempuh studi di salah satu Universitas di Jepang.

Sebelum kuliah di Jepang, sebenarnya Jerome sempat mendaftar di Nanyang Technological University Singapura. Kampus ini memberikan beasiswa Full, namun hasil tesnya menyatakan kalau Jerome hanya mendapatkan beasiswa parsial dan bukan beasiswa full. Karena tidak mau memberatkan beban orang tuanya, Jerome meninggalkan kesempatan tersebut.

Suatu ketika Jerome mendapat informasi dari kakaknya Jehian P Sijabat, kalau ada perusahan di jepang  Mitsui Bussan yang memberikan besiswa penuh untuk 2  pelajar Indonesia. Setelah melakukan tahap demi tahap dengan kegigihannya, akhirnya Jerome polin menjadi salah satu yang mendapatkan beasiswa tersebut. 

Jerome diterima kuliah di Jepang dengan beasiswa ini pada tahun 2016 dan kini berkuliah di  jurusan matematika terapan Universitas Waseda. Tentunya jejak Jerome sangat layak untuk ditiru, bagaimana ia bekerja keras dan mempersiapkan diri agar bisa kuliah di luar negeri.

Untuk mengikuti jejak Jerome, sejak awal kta harus sudah mempersiapkan diri. Berikut ada beberapa tahapan yang harus kita siapkan untuk menempuh studi di luar negeri, syukur-syukur bisa mendapatkan beasiswa full.

Pertama, Motivasi yang Kuat. Ada banyak sekali orang yang pada akhirnya memutuskan untuk kuliah ke luar negeri. Tak bisa dipungkiri jika minat untuk kuliah di luar negeri memang terbilang tinggi, namun hal ini tentu tidak cukup untuk dijadikan alasan melakukan hal yang sama.

Sangat penting untuk memiliki alasan yang kuat, sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Selain itu, proses penyesuaian diri dan juga belajar di sana bisa saja tidak mudah, sehingga perlu juga memiliki motivasi yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x