Mohon tunggu...
Erlandy 8
Erlandy 8 Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jangan berpikir Pesimis tapi harus berpikir Optimis

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Terapkan 5S di Bengkel Las, Pasti Berhasil!

29 Mei 2020   18:05 Diperbarui: 29 Mei 2020   18:05 20 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terapkan 5S di Bengkel Las, Pasti Berhasil!
Bengkel las (sumber: sorotindonesia.com)

Seperti kita tahu jaman sekarang teknologi semakin maju dan cepat seperti misalnya suatu barang yang berbahan besi, baja dan bahan lainya yang memiliki tingkat kekerasan dapat disatukan kembali dengan alat yang sangat praktis seperti misalnya alat pengelasan listrik, karbit dan juga laser yang bisa memperbaiki dan mempersatukan bahan lainya hingga menjadi produk. seperti pagar rumah, pintu trali, tempat tidur, kursi, meja dan lainnya tanpa menggunakan waktu yang sangat lama.

Kita juga bisa mendapatkan peluang dari bengkel las ini  dengan modal yang tidak begitu besar kita bisa menjadikan peluang bisnis membuat bengkel las. Tapi, kita juga harus menerapkan 5S/5R pada bengkel las untuk menambah nilai dalam kualitas produk bengkel Las dan juga kita bisa menambah jumlah produksi. sekarang kita akan membahas dan menerapka 5S sebagai berikut:

Seiri (sumber: kaizenpro.asia)
Seiri (sumber: kaizenpro.asia)

1. S pertama yaitu Seiri kata Seiri sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya ringkas. kita harus melakukan pengkategorian barang - barang yang akan digunakan dan diperlukan sesuai dengan kebutuhan dalam mengelas. kemudian bagi  bahan- bahan yang tidak diperlukan akan dibuang untuk mengurangi terjadinya kesalahan dan memberikan kenyamanan dalam proses pengelasan berlangsung.

Seiton (sumber: kaizenpro.asia)
Seiton (sumber: kaizenpro.asia)

2. S kedua Yaitu Seiton kata Seiton juga berasal dari bahasa Jepang yang artinya rapi. kita harus mengklarifikasi semua bahan atau alat las berdasarkan kegunaannya yang disusun sesuai jenis dari bahan pengelasan hingga jenis alat las yang akan digunakan dengan menggunakan label atau memberikan informasi yang jelas.

Misalnya kita membuat rak untuk menaruh khsus bahan baku besi yang didalamnya terdapat banyak berbagai jenis bahan baku besi, kemudian kita membuat rak khusus bahan baja yang di dalamnya berbagai jenis bahan baku yang terbuat dari baja. lalu untuk mengkategorikan alat pengelasaannya misalnya alat las dengan tenaga listrik diletakkan di tempat khusus untuk menaruh tempat alat - alat listrik, kemudian alat las karbit akan diletakkan sesuai dengan tempatnya tanpa harus tercampur dengan alat las listrik. Jadi, pada saat kita membutuhkan alat las yang diperlukan kita tinggal melihat label yang sudah tertera pada tempat yang sudah di buatkan dan juga kita dapat meminimalisirkan dalam pencarian bahan maupun alat.

Seiso (sumber: sites.google.com)
Seiso (sumber: sites.google.com)

3. S ketiga yaitu Seiso kata Seiso sama berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai arti resik. Seperti yang kita tahu dalam bengkel las selalu mempunyai lingkungan, peralatan, dan lantai produksi yang cukup kotor dikarenakan bekas dari hasil pengelasan dan percikan dari proses pengelasan. jadi, kita harus mementingkan juga lingkungan dan alat yang bersih dan sehat karena dengan lingkungan bersih dan sehat kita dapat meningkatkan jumlah produksi dan nilai tambah dalam kualitas proses pengelasan dan juga dapat menambah permintaan dari para konsumen yang ingin membelinya. 

Seiketsu (sumber: kaizenpro.asia)
Seiketsu (sumber: kaizenpro.asia)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x