Mohon tunggu...
Media

Aplikasi Teori Persuasi Dalam Keefektifan Iklan Layanan Masyarakat Pro Lingkungan

13 Maret 2016   21:54 Diperbarui: 13 Maret 2016   22:30 68 0 0 Mohon Tunggu...

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan pedoman khusu untuk membantu menciptakan keefektifkan iklan layanan masyarakat mengenai pro lingkungan. Pem buatan dari iklan masyarakat harus melakukan identifikasi terlebih dahulu kepada target kemudian menguji reaksi dari penerima iklan tersebut. selain itu, harus ada pula pertimbangan mengenai sikap, memor, dan norma – norma sosial. Ketika penyedia iklan layanan masyarakat mengabaikan dan tidak mempertimbangkan asas – asas dasar yang berasal dari penelitian komunikasi media massa, upaya tersebut yang bertujuan untuk membawa perubahan perilaku tidak berhasil.

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dirancang untuk menginformasikan atau membujuk perilaku pemirsa, umumnya untuk keuntungan non-komersial menggunakan pendekatan media massa (diadaptasi dari Rogers & Storey , 1987 , oleh Rice & Atkin ,1989). Keuntungan ILM ini adalah mempromosikan perilaku pro lingkungan yang nantinaya akan dipercayai oleh banyak orang karena sumber yang digunakan kredibel. ( Hornik , 1989) . Salah satu ILM lingkungan paling terkenal disajikan pada 1970-an. Atkin dan Freimuth (1989) memberikan pedoman langkah demi langkah ubtuj penelitian evaluasi formatif dalam desain kampanye. Mereka berpendapat bahwa Penelitian evaluasi pertama harus menjawab pertanyaan tentang sikap dan perilaku audiens kepada desain kampanye kemudian dievaluasi oleh eksekusi desain selama dan setelah kampanye (cbodunote). 

Proses penelitian evaluasi ini mencakupp 2 langkah utama, tahap praproduksi yang merupakan strategi yang mencoba untuk menemukan sebanyak mungkin tentang target audiens sebelum menentukan tujuan, menyusun strategi, serta mencocokkan pesan kehadirin.dan tahap prates melibatkan proses metodis pengumpulanreaksi dari penonton dimaksudkan berdasarkan versi awal dari pesan sebelum mereka selesai (Bertrand , 1978; AS Departemen Kesehatan dan Manusia Layanan, 1984) yang masing masing memiliki banyak substeps. McGuire (1989) menggambarkan teori mendasar tentang struktur dan motivasi seseorang mempengaruhi respon orang itu ke pesan persuasif.

 
Sikap Kegigihan Diinduksi Pengolahan Sistematis

Para peneliti secara konsisten telah meyakini bahwa sekali seorang individu terkena pesan, dan bagaimana individu memproses informasi menentukan apakah persuasi tersebut akan abadi. Cook dan Flay ( 1978) menemukan bahwa peserta yang serius akan menunjukkan perubahan sikap yang abadi setelah menerima. Sebaliknya, ketika peserta memiliki sedikit motivasi atau kemampuan berpikir tentang pesan yang disajikan, efek yang biasanya berumur pendek. (Cacioppo 1981) mengatakan bahwa model elaborasi ini mencakup dua rute, yaitu rute periferal yaitu digunakan setiap kali motivasi target atau kemampuan untukberpikir tentang masalah rendah. Penerima pesan cenderung berfokus pada karakteristik sumber, bukan pada isi pesan. Sebagai contoh, seorang individu yang belum dianggap menggunakan transportasi umummungkin melihat hanya penampilan para aktor atau jingle catchy di angkutan umum, tidak akan karena aktif mempertimbangkan masalah melainkan akan menjadi hasil dari perifer "isyarat persuas". Rute pusat persuasi tergantung pada motivasi dan kemampuan individu untuk memproses pesan target. Rute Pusat biasanya terjadi ketika penonton untuk pesan persuasif termotivasi dan mampu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan isinya.

Memori

               Iklan layanan masyarakat pro lingkungan tidak dipresentasikan pada titik waktu tertentu ketika target harus menanggapi pesan; sebaliknya, mereka disajikan dengan gagasan bahwa target akan merespon kemudian melakukan perubahan perilaku yang sesuai.

               Bagian berikutnya dari artikel ini adalah menyelidiki bagaimana manusia
menyimpan informasi dalam memori. Jika pengembang kampanye sadar bagaimana orang
mengatur informasi dan bagaimana informasi yang jelas menonjol dalam memori, maka ILM pro lingkungan dapat dirancang dan disajikan begitu isi pesan mereka mudah diakses. ILM disajikan di tengah berbagai komunikasi lainnya, fitur pertama memori yang akan dibahas adalah gangguan.

Gangguan

               Petty dan Cacioppo mengatakan bahwa model elaborasi ini kemungkinan akan memprediksi pesan yang melibatkan peningkatan pertimbangan bijaksana dan memperkuat perubahan sikap. Adapula gangguang – gangguan dalam pengiriman dan juga penerimaan pesan.  Pratkanis dan Greenwald (1993 ) menyelidiki bagaimana mengatasi kendala membujuk orang dalam suasana yang penuh dengan pesan yang bersaing. Untuk mengatasi masalah ini  penulis direkomendasikan menggunakan sumber yang sangat kredibel dan mengandalkan pesan yang sangat positif. Tak heran, banyak peneliti telah menemukan sumber yang sangat kredibel untuk menjadi lebih meyakinkan daripada mereka yang kurang kredibilitas ( Hovland & Weiss , 1951; Kelman & Hovland , 1953).

Penyimpanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x