Mohon tunggu...
erizka putri bellyta
erizka putri bellyta Mohon Tunggu... -

Allah ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

7 Cara Jitu Guna Mengembangkan Potensi Anak

11 Maret 2015   06:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:49 634 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Cara Jitu Guna Mengembangkan Potensi Anak
Fesyen. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

7 Cara Jitu Guna Mengembangkan Potensi Anak

Setiap anak yang terlahir di dunia ini, tentunya memiliki potensi tersendiri serta berbeda satu sama lain. Setiap orang tua memiliki tugas terpenting yaitu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak mereka. Potensi besar yang terdapat pada diri anak tersebut, tentunya harus dikembangkan, dididik serta dilatih dengan baik, sehingga kemampuan anak tersebut dapat berkembang secara maksimal. Dengan demikian banyak sekali cara-cara jitu gunamengembangkan potensi seorang anak, yaitu sebagai berikut:

1.Mensyukuri bahwa seorang anak ialah anugerah terbesar dari Tuhan.

Setiap orang tua harus menyadari bahwasannya anak merupakan anugerah terbesar yang mereka miliki. Sehingga setiap orang tua memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam upaya mendidik, melatih dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak mereka. Sehingga setiap anak dapat mengembangkan potensinya dengan bebas dan sesuai kemampuannya.

2.Memahami dan menghargai potensi anak yang unik.

Setiap orang tua menyadari, bahwasannya setiap anak itu pastilah memiliki potensi masing-masing dengan keunikan yang mereka miliki. Setiap anak juga memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu, setiap orang tua seharusnya memahami akan keunikan yang ada dalam diri anak mereka.

3.Memotivasi semangat belajar, minat dan bakat anak.

Sebagai orang tua, mereka harus selalu memotivasi semangat belajar, minat dan bakat anak mereka. Sehingga anak tersebut akan lebih termotivasi untuk mengembangkannya dan menyadari akan bahwa ia bisa mengembangkan kemampuannya dengan mudah.

4.Menjalin hubungan yang baik antara orang tua, sekolah dan lingkungan sekitarnya.

Sukses tidaknya seorang anak dalam mengembangkan potensinya, tentunya juga bergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, menjalin hubungan yang harmonis dan baik antara anak dengan linkungannya, sehingga dapat bersama-sama mewadahi potensi anak agar terus berkembang.

5.Mendorong anak agar aktif mencari informasi diluar rumah.

Informasi diluar rumah sangatlah penting untuk menunjang potensi anak tersebut. Disamping itu banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Sehingga doronglah anak agar aktif dan kreatif.

6.Jangan matikan harapan dan cita-cita anak.

Hargailah setiap yang dilakukan anak walau sekecil mungkin. Jangan meremehkan yang dilakukan anak walaupun tampaknya spele. Berilah penghormatan kepada setiap yang dikerjakan anak, sehingga anak akan merasa tersanjung dan dihargai jerih payahnya.

7.Beri kesempatan untuk memilih dan membuat keputusan.

Berilah kesempatan anak untuk berani memilih dan membuat setiap keputusan yang akan dijalaninya. Berilah kepercayaan anak untuk membuat keputusan sendiri dalam melakukan setiap kegiatan atau belajarnya. Berilah keleluasaan anak untuk berani memilih diantara pilahan. Orang tua bisa membantu bagaimana pihan yang baik itu sehingga anak tidak terjebak pada hal-hal yang negatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan