Mohon tunggu...
Eri_shrh19
Eri_shrh19 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

。⁠◕⁠‿⁠◕⁠。

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Pertama yang Meiy Beli

4 Oktober 2022   14:44 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:53 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Halo semua, sebelumnya terimakasih sudah mampir di blog ku

Kali ini aku akan menuliskan ulang tentang sebuah buku yang telah diceritakan teman ku, Meiy. 

Buku fiksi yang berjudul "Bumi" karangan Tere Liye.Tere Liye adalah nama pena dari salah satu penulis produktif dan penuh akan imajinatif dari tanah air. Nama aslinya yaitu Darwis. 

Adapun salah satu dari sekian banyak karya tulisnya yang berhasil masuk ke deretan Best Seller Indonesia, yaitu bertajuk Bumi. Novel Bumi merupakan bagian pertama dari serial Bumi. Novel ini berhasil diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada Tahun 2014.

Awal cerita Meiy menemukan buku itu, pada masa di bangku SMP sebelumnya Meiy adalah seorang yang tidak pernah tertarik untuk membeli buku-buku novel fiksi, namun pada suatu hari Meiy bersama teman-teman nya pergi ke salah satu toko buku. Disana Meiy melihat-lihat berbagai macam buku, setelah menyusuri tiap rak buku, akhirnya Meiy tertarik pada sebuah buku karangan Tere Liye yang berjudul "Bumi" dan "Hujan". awalnya merasa bingung dengan pilihannya, namun setelah membaca dari sinopsis yang tertera pada belakang buku,akhirnya Meiy memilih buku yang berjudul  "Bumi" ,karena kesan pertama yang Meiy rasakan yaitu seperti sebuah cerita  fantasi Harry Potter. Buku tersebut dibaca selama kurang lebih 5 hari dengan tebal buku 440 halaman.

Masuk ke dalam isi bukunya 

Di dalam buku novel Bumi. Menceritakan tentang petualangan seorang anak perempuan yang bernama Raib, remaja SMA biasa namun ia memiliki kekuatan yang tidak orang ketahui, kekuatan tersebut yaitu dapat menghilangkan sebuah benda.

Raib mempunyai 2 ekor kucing yang diberi nama si Hitam dan si Putih yang ia dapat pada hari ulang tahun nya. Di sekolah Raib bersahabat dengan Seli dan Ali yang ternyata mereka juga mempunyai kekuatan rahasia.

Kejadian awal mula dari petualangan mereka yaitu pada suatu ketika jam pelajaran matematika, Raib dikeluarkan dari kelas oleh guru yang bernama Miss keriting (Miss Keriting merupakan julukan untuk Miss Selena),karena Raib belum mengerjakan pr. Lalu ia pun keluar dan berjalan ke kantin, disana terdapat sebuah kejadian yang tidak terduga, hujan yang sangat lebat membuat robohnya tiang listrik lalu dengan kekuatannya tiang listrik tersebut tidak jatuh ke permukaan, melainkan dihilangkan oleh Raib.

Suatu hari Raib sedang bercermin di kamarnya, tiba-tiba muncul sesosok lelaki gagah yang bernama Tamus. Lalu ia berbicara dengan Raib dan menyuruh Raib untuk menunjukkan suatu kekuatan rahasianya, namun tidak bisa sebab ia hanya bisa melakukannya dalam situasi darurat saja.

Keesokan harinya di saat Raib dan kedua sahabatnya sedang berada di sebuah aula, tiba-tiba muncul sebuah lubang hitam besar dan keluarlah Tamus dengan membawa pasukan dan alat-alat yang bukan berasal dari bumi, mereka menyuruh Raib lagi untuk menunjukkan kekuatan nya, namun Raib tetap tidak bisa. Lalu pasukan tersebut menyerang Raib dan sahabat nya di saat itu juga datanglah Miss keriting yang ternyata mengetahui tentang hal ini dan menolong mereka dengan membuat sebuah lubang besar yang sama untuk masuk kedalamnya dan meninggalkan pasukan tersebut.

Lubang hitam tersebut adalah alat teleportasi untuk masuk ke dalam dunia lain bernama klan bulan. mereka masuk ke sebuah rumah yang mereka sendiri tidak tahu itu di mana, lalu mereka disambut baik oleh tuan rumah dan menjelaskan tentang dunia klan bulan.

Disana mereka merasakan banyak sekali keanehan, contohnya seperti makan, mandi, cara berpakaian dengan menggunakan teknologi yang ada disana berbeda dengan di bumi.

Mereka mengetahui suatu rahasia bahwa ternyata selain kehidupan di bumi ada kehidupan lain yang berjalan beriringan tanpa saling mengganggu.

Mereka bertiga pun melakukan petualangan menjelajahi klan bulan sampai berakhir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun