Mohon tunggu...
Erik Tapan
Erik Tapan Mohon Tunggu... Dokter - Social Media Health Consultant

Sebagai seorang Health Consultant, saya akan berusaha memberi solusi terbaik (efisien, efektif & aman) bagi klien yang kebetulan mengalami ketidakberuntungan dengan kesehatannya. Pengalaman saya dlm bidang kedokteran, farmasi/obat2an, herbal, terapi alternatif / energi, internet dan social media. Topik yang sering ditangani: anti aging, masalah ginjal, penyakit degeneratif, lansia, dll. Silakan kontak saya untuk memperoleh waktu diskusi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Yuk Bergeraklah, Meskipun Hanya 30 Menit/Hari

3 September 2019   14:43 Diperbarui: 3 September 2019   14:57 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Mendengar istilah olahraga, meskipun sehat, tapi rasanya koq susah sekali ada waktu ya. Ada juga yang beranggapan asalkan kita aktif sehari-hari, sudah bisa dibilang berolahraga. 

Untuk itu ijinkanlah saya memperkenalkan olahraga yang cukup ringan dan bisa dilakukan setiap saat, namanya Brisk Walk. Istilah brisk walk atau jalan tergopoh-gopoh, pertama kali saya dengar dari sahabat dan guru saya dr. Handrawan Nadesul. Intinya kita berjalan secepat mungkin. Mungkin sama seperti kalau kita kebelet atau datang terlambat pas meeting sudah dimulai. 

Aktifitas olahraga ini selalu saya anjurkan ke pasien-pasien saya yang belum pernah dan akan memulai berolahraga. Nggak perlu muluk-muluk, cukup minimal 30 menit per hari di udara terbuka yang sehat. 

Sudah banyak yang melakukannya, salah satunya sahabat saya,  Bpk. Anton Thedy. Menurut pemilik TX Travel ini yang melakukan jalan tergopoh-gopoh, 50 - 60 menit per hari, manfaat yang diperoleh adalah: 

  1. Lingkar perut mengecil 
  2. Daya ingat meningkat 
  3. Tidur menjadi lelap, tidak bangun bangun 
  4. Tidak bangun tengah malam untuk buang air kecil 
  5. Stamina tubuh meningkat, jarang kecapaian walaupun beraktifitas seharian

Jadi, apa salahnya kita mulai melakukan aktivitas jalan tergopoh-gopoh tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun