Mohon tunggu...
Erikco Adryan
Erikco Adryan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Akuntansi UNPAM

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya Komunikasi Bisnis Bagi Perusahaan

23 Oktober 2021   12:14 Diperbarui: 23 Oktober 2021   13:02 203 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada sebuah perusahaan tentunya ada banyak sekali manusia yang berbeda, maka dari itu buat menciptakan perusahaan yang baik,para manusia tadi harus sering berinteraksi proses interaksi itulah yang di namakan komunikasi.

Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Apa itu komunikasi bisnis, Komunikasi bisnis ialah suatu proses pertukaran informasi suatu perusahaan dengan pihak internal juga eksternal perusahaan Sama halnya dengan kehidupan manusia, komunikasi membantu para pihak terkait perusahaan baik internal juga eksternal saling memahami serta mencapai tujuan bersama. Tiap perusahaan membentuk pola komunikasi mereka sebaik mungkin agar menghindari kekeliruan serta meningkatkan efisiensi.

JENIS-JENIS KOMUNIKASI BISNIS PADA PERUSAHAAN
Tiap perusahaan memiliki individu yang berbeda serta unik. Tentunya jenis komunikasi bisnis yg dipergunakan tidak sama tergantung individu yang diajak untuk berkomunikasi. Berikut jenis-jenis komunikasi bisnis dalam perusahaan

1. Komunikasi Internal
Komunikasi internal ini ialah salah satu komunikasi bisnis yg bersifat internal. dalam hal ini dimaksudkan bahwa komunikasi ini terjadi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Jadi, yang terlibat dari komunikasi ini hanyalah anggota berasal organisasi atau perusahaan tersebut.
2. Komunikasi Internal Ke Bawah
Jenis komunikasi ini artinya jenis komunikasi yang terjadi dari seorang yang berada pada level lebih rendah di level yg lebih tinggi mirip manajer atau pimpinan sesuai hirarki perusahaan. Pemimpin atau manajer memerlukan info dari bawahan mereka tentang isu operasional perusahaan sesuai formulir yg bersifat sistematis, laporan, survei, serta informasi penting lainnya dari aneka macam sumber yg diharapkan pada suatu perusahaan.
3. Komunikasi Internal Ke Atas
Bila tipe komunikasi di atas merupakan komunikasi dari bawahan ke atasan, Komunikasi jenis ini merupakan komunikasi atasan ke bawahan. Komunikasi mampu melalui memo, suat, komunikasi lisan ke bawah. seseorang pemimpin wajib mengajak dalam profesionalitas komunikasi menggunakan mekanisme yg safety serta jelas sehingga tidak terdapat misinterpretasi.
4. Komunikasi Internal Sesama
Komunikasi Sesama adalah komunikasi yang dilakukan rekan kerja dengan sesama rekan kerjanya melalui bicara secara pribadi, mengirim email, bahan melalui telepon. Sesama rekan wajib saling memahami dan mendukung serta menghargai satu sama lain ketika saling berkomunikasi.
5. Komunikasi Eksternal
sesuai namanya, komunikasi eksternal melibatkan pihak-pihak yang berada pada luar perusahaan diantaranya; konsumen, vendor, distributor, reseller, dll. Komunikasi eksternal berkaitan jua dengan menciptakan citra positif perusahaan terhadap pihak luar perusahaan. Semakin bagus komunikasi bisnis yg terjalin menggunakan pihak eksternal, semakin bagus jua gambaran perusahaan.
6. Komunikasi Vertikal
pada komunikasi vertikal ini biasanya dilakukan antar strata. Jadi, Bila pada perusahaan ada strata jabatan atau posisi. Komunikasi vertikal ini wajib terjadi timbal balik dari komunikasi yang telah dilakukan. dalam komunikasi ini, contohnya komunikasi yg dilakukan antar direksi tanpa melibatkan bawahan. seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa dalam komunikasi ini harus ada timbal balik atau komunikasi dua arah.
7. Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal ini dilakukan di strata atau jabatan yang sama. Komunikasi ini umumnya bersifat lebih santai atau nonformal. Komunikasi ini tidak perlu memperhatikan kaidah dan bisa dilakukan dalam bahasa sehari- hari. Jenis komunikasi ini misalnya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh sesama karyawan. Bentuk komunikasi ini umumnya tidak begitu serius. Bahkan dapat diselipkan gurauan atau candaan. pada dasarnya komunikasi ini dilakukan di tingkatan yg sama. sehingga hal ini memuncukan obrolan yg sederhana.

MENGAPA KOMUNIKASI PENTING UNTUK PERUSAHAAN, dalam sebuah usaha, komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pencapaian suatu usaha. menggunakan komunikasi yang baik, pebisnis mampu menjual produk yg dimiliki dengan lebih baik dan pula mampu menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak.

MANFAAT KOMUNIKASI BISNIS PADA PERUSAHAAN
Alasan kenapa komunikasi usaha itu krusial bagi perusahaan, yaitu:
1. menaikkan keterlibatan karyawan
berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh Ragan, komunikasi kepemimpinan artinya faktor komunikasi internal teratas yg wajib dilakukan oleh bisnis. Tim perlu saling mendukung, melatih dan mengingatkan para pemimpin dalam bisnis buat berkomunikasi. Hal ini akan sejalan dengan meningkatnya statistik keterlibatan karyawan.
2. Mengurangi kesalahpahaman
Komunikasi yg baik akan memperlancar arus info antara karyawan serta divisi-divisi yg terkait. dengan demikian, satu tim keseluruhan bisa cepat mengerti point yg ingin disampaikan serta kesalahpahaman dapat dihindari.
3. menaikkan produktivitas karyawan
sebab arus informasi berjalan dengan lancar, karyawan serta atasan pun lebih cepat untuk menerima laporan dan instruksi tentang pekerjaan. info yang lebih cepat diterima membuat produktivitas menjadi meningkat antara atasan juga bawahan pada perusahaan.

CARA MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG BAIK DI PERUSAHAAN
untuk membentuk komunikasi yg baik, tidak boleh di lakukan asal-asalan berikut cara menciptakan komunikasi yang baik:
1. Bersikap Sederhana
Menjadi karyawan, Anda wajib mampu menyampaikan berita secara jelas, baik kepada karyawan lain juga kepada klien. Memang tidak simpel buat menyampaikan informasi secara jelas, terlebih lagi Bila info tadi terlalu susah buat dijabarkan. Anda wajib terampil dalam menyusun istilah-kata supaya informasi yang disampaikan dapat dengan praktis dipahami oleh lawan bicara Anda.

2. Hargai Perbedaan
Kesuksesan perusahaan merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi semua pegawai yg terdapat di dalamnya. tidak menutup kemungkinan bahwa kantor tadi dapat melakukan kerjasama dengan negara asing, contohnya merekrut karyawan asing. Meskipun mempunyai budaya yg tidak sama, tetapi menjadi karyawan yg baik sebaiknya ikut menghargai perberbedaan budaya tadi agar kerjasama dapat berjalan dengan baik.

3. menerima masukkan
Sebagaimana Anda menyampaikan feedback, begitu juga sebaliknya waktu Anda menerima masukkan dari orang lain. pada dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang berasal latar belakang yg berbeda. Nah, dari situlah Anda harus bisa memahami karakter dari orang lain serta jua harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan dari rekan kerja Anda. Jangan langsung terbawa emosi Bila terdapat karyawan yg mengkritik Anda, melainkan jadikanlah kritikan tersebut menjadi masukan yg menciptakan supaya Anda mampu sebagai langsung yg lebih baik. 

4. Bersikap Ramah
Murah senyum merupakan salah satu cara bersikap ramah hal ini akan menjadikan Anda dipandang positif oleh seluruh rekan-rekan pada tempat kerja. Komunikasi pun akan berjalan dengan baik dan efektif Jika dilandasi rasa nyaman. dengan menyampaikan senyuman di awal dialog akan menghasilkan suasana pembicaraan menjadi lebih kalem dan lebih hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan