Pendidikan adalah salah satu system yang tak terlepas dari masalah, baik masalah kecil hingga masalah besar. Di dalam permasalahan pendidikan yang dihadapi, guru yang sering dianggap sumber dari adanya permasalahan yang ada. Namun bila diidentifikasi lebih lanjut, kita akan tahu dimana letak sumber masalah yang ada.
Data World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD, 2015), di posisi mana suatu negara maju dalam segi pendidikan. Organisasi tersebut mengemukakan peringkat dalam suatu Negara mana yang terbaik dari segi membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Adapun Indonesia menmpati ranking 69 dari 75 negara.
Kesalahan yang paling mendasar dalam dunia pendidikan adalah lingkungan keluarga, karena kurangnya apresiatif dari berbagai pihak,kondisi ekonomi keluarga, penanaman nilai-nilai yang baik, terutama penanaman karakter leadership. Adapun hal lain yang mempengaruhi dalam keberhasilan anak adalah kurangnya sarana prasarana yang ada disekolah, peran pendidik, dan juga kondisi psikis anak.
Adapun beberapa permasalahan pendidikan yaitu:
Banyaknya murid yang ada tidak sebanding dengan pengajar, biaya pendidikan yang mahal untuk meningkatkan mutu pembelajaran baik guru ataupun murid, dan juga penempatan guru yang tidak pada bidangnya.
Banyak permaslahan pendidikan karena tidak sinkron dengan keadaan yang ada. Maka dari itu untuk mencapai sesuatu yang ingin dituju harus menimbang dengan benar, apakah konsep yang digunakan sudah benar atau salah. Salah satu dampak dari kesalahan belajar untuk mencapai tujuan belajar adalah tidak didapatkannya nilai dan juga impian yang diharapkan.
CARA MENGATASI PERMASLAHAN PENDIDIKAN
Dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada akan dengan cara menyeleksi calon peserta didik baru, menyempurnakan kurikulum yang diterapkan di sekolah, meningkatkan mutu pada tenaga pendidik, dan tak lupa memberi fasilitas yang baik dan lengkap agar peserta dapat belajar dengan nyaman.