Mohon tunggu...
erika saskia
erika saskia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Public Relation Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Resensi Buku Metode Penelitian Survei

4 Desember 2020   02:35 Diperbarui: 4 Desember 2020   02:55 75 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku Metode Penelitian Survei
https://www.belbuk.com/images/products/buku/teknik--ilmu-pengetahuan/statistik--penelitian/5940f402b2af85.02053933l.jpg

Judul Buku                  : Metode Penelitian Survei

Penulis                         : Morissan

Penerbit/Kota              : Prenadamedia Group ( Divisi Kencana)

Tahun Terbit               : 2012

Jumlah Halaman         : 433 Halaman

 

Pengantar

Metode survey adalah salah satu metode yang banyak digunakan dalam penelitian sosial. Riset yang menggunakan metode survey biasa disebut juga metode penelitian survey. Dalam survey, informasi dikumpulkan dari responden menggunakan angket atau kuesioner yang didistribusikan secara langsung atau melalui perantara seperti telepon atau media online.

Secara umum, penelitian yang menggunakan metode survey dapat dideskripsikan sebagai penelitian ilmiah yang datanya dikumpulkan dari sampel yang telah dipilih dari keseluruhan populasi. Penggunaan sampel ini juga menyiratkan perbedaan antara survey dan sensus. Metode sensus menggunakan populasi secara keseluruhan. 

Sedangkan metode survey menggunakan sampelnya saja. Metode penelitian survey atau secara ringkas biasa disebut metode survey adalah penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data.

Pada umumnya, sampel yang digunakan sebagai unit analisis adalah individu. Namun demikian, unit lain seperti rumah tangga, kelompok, perusahaan, sampai negara bisa pula digunakan sebagai unit analisis. Salah satu yang perlu diingat dalam penelitian survey adalah penggunaan sampel sebagai sumber data primer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x