Mohon tunggu...
Erika Ayunda
Erika Ayunda Mohon Tunggu... Mahasiswa

UNS

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mari Bersama Melawan Covid-19 di Dusun Kedung Ringin

9 Juli 2020   08:27 Diperbarui: 9 Juli 2020   08:40 14 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Bersama Melawan Covid-19 di Dusun Kedung Ringin
program pembagian masker dan hand sanitizer

Seluruh dunia kini telah dilanda musibah virus COVID-19, tak terkecuali di Indonesia. Pandemic global tersebut menyerang manusia yang penularannya begitu cepat. Jutaan orang telah meninggal karena virus tersebut. Hal ini berdampak pada proses kehidupan dalam segala bidang. Pengaruh ini sangat merugikan banyak orang, baik bidang sosial, ekonomi, pemerintahan, pendidikan, dll.

Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu agen intelektual yang memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terpanggil untuk turut berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi COVID 19. 

Program ini diwujudkan melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan mahasiswa untuk menjadi Relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19. 

Namun kegiatan KKN ini tidak dilakukan secara langsung, kegiatan yang dilakukan diusahakan tetap daring. Jika pun terpaksa harus dilakukan secara langsung maka harus menjaga protokol kesehatan yang berlaku.

Erika Ayunda Prihatin (Pendidkan Teknik Mesin) UNS, melakukan kegiatan KKN di Dusun Kedung Ringin Rt 08/02, Waru, Kebakkramat, Karanganyar. Program KKN ini berlangsung sekitar 40 hari dengan bimbingan Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt, M.P dan Ketua RW setempat. Kegiatan KKN tersebut bertema Meningkatkan Keselamatan Masyarakat Terhadap COVID-19.

Tema tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan penempelan poster mengenai cara melindungi diri terhadap virus COVID-19 dan himbauan-himbauan untuk melakukan social dan physical distancing juga menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. 

Program lainnya yaitu pembuatan masker dan hand sanitizer yang telah dibagikan kepada warga (6/6/2020). Pemberian masker dan hand sanitizer saya lakukan dari rumah ke rumah jadi untuk tetap menjaga social distancing. 

Kegiatan ini turut mengedukasi warga sekitar mengenai cara pembuatannya baik secara daring maupun secara langsung. Untuk program daring saya menyebarkan informasi melalui Grup WhatsApp Dusun Kedung Ringin. 

Tidak hanya mengenai pembuatan masker dan hand sanitizer, informasi yang diberikan meliputi tips-tips mencuci masker, mencuci buah dan sayur saat pandemic, menjaga jarak saat di pasar atau di mall, dan masih banyak lagi mengenai peningkatan keselamatan warga terhadap COVID-19.

Menurut Bapak Yadi Mulyono selaku RW Dusun Kedung Ringin, "kegiatan ini sangat baik dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x