Mohon tunggu...
ERIKA DWIERSA CAHYANINGDIAS
ERIKA DWIERSA CAHYANINGDIAS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Istri sah Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun dan Hueningkai

U know me, not my life :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perubahan Sosial di Bidang Pendidikan

5 Desember 2021   09:49 Diperbarui: 5 Desember 2021   10:59 286 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital Transformation in Education Industry. Sumber ilustrasi: Plumlogix Inc.

Pendidikan merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial dan pendidikan juga merupakan salah satu sarana utama untuk mensukseskan pembangunan nasional.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh terhadap bidang pendidikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan TIK dalam proses pembelajaran sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Adanya internet memungkinkan kita untuk belajar kapan dan di mana saja dengan lingkup yang sangat luas misalnya, dengan fasilitas email, chatting, e-book, e-library dan dan sebagainya, kita dapat saling berbagi informasi tanpa harus bertatap muka langsung dengan sumber informasi tersebut (Kristiawan, 2014).

Using The Lastest Technology to Excel, and Avoiding Capital Spend. Sumber ilustrasi: Elementary Technology
Using The Lastest Technology to Excel, and Avoiding Capital Spend. Sumber ilustrasi: Elementary Technology

Dalam video youtube yang berjudul "Perubahan Sosial dalam Pendidikan || Education" dari Channel "Tabula Sastra" dijelaskan bahwasanya:

Perubahan Sosial Menurut Max Weber merupakan perubahan situasi dalam masyarakat karena tidak ada kesesuaian unsur-unsur.

Perubahan Sosial Secara Umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya tatanan dan struktur di dalam masyarakat yang meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta penghidupan sosial.

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman mengenai objek tertentu dan spesifik

Perubahan Sosial yang dijelaskan dalam video tersebut yaitu tentang "Perubahan Sosial dalam Pendidikan - Dulu vs Sekarang" dengan narasumbernya yakni si Ipan dan kawan-kawan yang masih berstatus sebagai mahasiswa di kampus UNSRI. 

Sumber ilustrasi: YT Channel/Tabula Sastra
Sumber ilustrasi: YT Channel/Tabula Sastra

Dulu sebelum adanya gadget, jika ada tugas yang sulit, mereka sangat kebingungan dan harus saling berdiskusi untuk mencari referensi dari buku cetak. Mereka harus benar-benar membaca dan memahami buku tersebut agar menemukan referensi di dalam bukunya. Jika tidak memiliki buku cetak tersebut maka mereka harus meminjam ke perpustakaan atau membelinya di toko buku. 

Sumber ilustrasi: YT Channel/Tabula Sastra
Sumber ilustrasi: YT Channel/Tabula Sastra

Namun sekarang, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, mereka sudah bisa memanfaatkan media internet melalui gadget untuk mencari referensi secara mudah dan cepat. Kini, mencari referensi tidak harus memiliki buku cetak, di gadget kita bisa mengakses buku elektronik (e-book) melalui aplikasi IPUSNAS (sebuah aplikasi perpustakaan online milik Pemerintah). Berdasarkan video tersebut dipaparkan bahwa adanya kemajuan teknologi dengan adanya e-book mempermudah mahasiswa untuk mendapatkan banyak informasi buku dan referensi tugas dengan menghemat waktu, tempat, dan biaya. Informasi di dalam e-book juga sangat lengkap dan memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugas. Jika mereka ada tugas, tinggal mencari di dalam e-book itu saja tanpa harus kebigungan mencari referensi sana-sini lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan