Mohon tunggu...
Erigovina Arauna
Erigovina Arauna Mohon Tunggu... erig

Saya adalah seorang pemusik gereja dan sejak tahun 2016 saya menyukai dunia literasi dan belajar menjadi penulis. Pernah lolos dalam event menulis buku puisi dengan judul ''Sebuah Perjalanan". Aktifitas saya saat ini adalah selain bermusik, saya juga belajar menulis. Saat ini saya bertempat tinggal di Timor Tengah Selatan - NTT

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kimchi dan Sup Rumput Laut

7 Maret 2021   22:36 Diperbarui: 7 Maret 2021   23:30 37 3 0 Mohon Tunggu...

Selain terkenal dengan drakor dan keypop, Korea memiliki makanan yang sangat populer di Indonesia. Salah satunya yang paling populer adalah kimchi, makanan khas Korea yang selalu dihidangkan dalam setiap menu makanan serta acara-acara yang digelar. Warna merah membalut sayur mayur nan segar. Setiap orang yang melihatnya pasti air liur meleleh ingin segera menikmatinya. Namun, sebagian orang menganggap tak sesuai dengan lidah mereka. Jika nonton drakor alias drama Korea di televisi, seolah olah ingin segera merasakan karena penasaran seperti apa rasa makanan khas Korea alias kimchi tersebut? Dan setelah dihidangkan, alhasil sebagian orang tak suka dengan aroma kimchi. Aromanya bisa melekat pada pakaian. Tapi banyak juga orang Indonesia yang menyukai kimchi. Makanan lezat dan sangat baik untuk dikonsumsi. Selain kimchi, ada banyak makanan khas Korea yang lezat misalnya kimbab, bulgogi, capjae, ramyeon, sup rumput laut dan masih banyak yang lainnya. Dari semuanya itu, kimchi lah yang paling menjadi faforit baik orang Korea maupun orang Indonesia yang juga menyukainya. 

Selain kimchi yang menjadi faforit, ada sup rumput laut yang menjadi idola untuk menjadi makanan pendamping kimchi. Ada kenikmatan tersendiri ketika sup dihidangkan dengan cara masih panas atau berasap. Jika sudah dingin, makan sensasi rasanya menjadi kurang lezat. (tergantung selera). Namun kebanyakan orang Korea jika makan sup akan dihidangkan ketika masih panas bahkan ada yang menikmatinya ketika masih dalam panci. 

Selain makanan, ada minuman yang masih menjadi faforit yaitu minuman beras ketan. Entah bagaimana cara membuatnya, tapi minuman ini sangat enak dan rasanya mirip dengan tape ketannya orang Jawa. Ada beberapa yang khas yaitu soju, baekseju, banana milk dan corn tea. 

Itulah beberapa makanan dan minuman khas Korea yang juga menjadi faforit orang Indonesia. Silahkan dicoba atau jika mempunyai kesempatan bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep yang bisa dicari melalui internet. Makanan ini bisa menjadi teman disaat menonton film drama Korea. Selamat menikmati dan selamat mencoba. 

VIDEO PILIHAN