Mohon tunggu...
erick yuda pratama
erick yuda pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiwa hukum undip

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Undip Edukasi Terkait Pentingnya Pencegahan Covid-19

12 Agustus 2020   14:18 Diperbarui: 12 Agustus 2020   14:47 9 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Edukasi Terkait Pentingnya Pencegahan Covid-19
 Sosialisasi pencegahan covid-19

Temanggung (10/8). Kegiatan KKN Undip pada periode ini dapat dikatakan berbeda. Hal ini dikarenakan KKN periode ini dilakukan di Desa masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol-protokol kesehatan yang telah diberikan. KKN TIM II Universitas Diponegoro Periode 2019/2020 yang menangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan" ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Undip untuk tetap dapat melaksanakan program KKN walaupun disaat Pandemi Covid-19.

Virus Corona atau Covid-19 sedang melanda dunia saat ini, tak terkecuali Indonesia. Adanya covid-19 ini memberikan dampak yang besar diberbagai bidang seperti ekonomi, politik, kesehatan, pendidikan, dll. Selain itu, covid-19 juga menimbulkan dampak bagi masyarakat, hal ini ditandai aktivitas atau kegiatan masyarakat tidak seperti biasanya.

Saat ini, Indonesia telah menerapkan "New Normal" atau Tatanan Baru. New Normal merupakan skenario untuk mempercepat penanganan covid-19. Dalam fase New Normal ini, masyarakat sudah mulai melakukan kegiatan atau aktivitas lagi tetapi harus sesuai dengan protokol-protokol kesehatan. Masyarakat dianjurkan untuk melakukan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan demikian diharapkan kasus penyebaran covid-19 akan semakin berkurang.

Melihat masih banyak warga yang melanggar aturan mengenai protokol kesehatan, Mahasiswa KKN Undip melakukan kegiatan edukasi atau sosialiasi di Desa Glapansari, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Sosialiasi ini dilaksanakan selama 3 minggu mulai dari tanggal 20 Juli -- 1 Agustus 2020 yang dilakukan secara langsung dari rumah warga ke rumah warga lainnya (door to door). Adapun isi dari sosialisasi sebagai berikut:

  • Memberikan himbauan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dan bersih dengan cara sesering mungkin membersihkan rumah serta olahraga dan istirahat yang teratur.
  • Memberikan himbauan kepada masyarakat untuk memakai masker setiap keluar rumah.
  • Memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan.
  • Memberikan himbauan kepada masyarakat untuk sering mencuci tangan.

Penyemprotan Disinfektan
Penyemprotan Disinfektan

Selain melakukan kegiatan sosialisasi secara langsung, Mahasiswa KKN Undip juga membuat poster yang terkait dengan pencegahan penyebaran covid-19. Poster tersebut dipasang dibeberapa tempat yang mudah untuk dilihat warga sekitar, Program awal yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini dilaksanakan ke tiap-tiap rumah warga serta tempat umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan guna mencegah penyebaran covid-19. Selain itu, mahasiswa KKN Undip juga melakukan program bagi-bagi masker. Hal ini dilakukan karena masih banyak warga yang tidak memakai masker ketika bepergian dengan alasan tidak punya masker, lupa, dan lain sebagainya. Sekitar 30-an masker diberikan kepada masyarakat sehingga merasa senang mendapat masker yang diberikan. Bukan hanya bagi-bagi masker saja, ia juga mengingatkan agar memakai masker ketika bepergian

Pembagian masker kepada masyarakat
Pembagian masker kepada masyarakat

Dalam rangka menjaga kekebalan tubuh warga Desa Glapansari, Mahasiwa Undip mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga. Melihat sebagian besar hobi warga adalah Bola Voli, ia mengajak masyarakat untuk berolahraga bola voli sehingga warga sangat antusias. Selain menyalurkan hobi dan mengembangkan bakat mereka, kegiatan bola voli ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kegiatan bola voli ini dilakukan setiap sore pukul 16.00 -- 18.00. Setiap sorenya, kegiatan ini sering diikuti sekitar 15-an warga. Untuk menjaga semangat mereka, mahasiswa Undip beberapa kali mengadakan pertandingan persahabatan dengan Klub lain disekitarnya.

Kegiatan olahraga bola voli
Kegiatan olahraga bola voli
Selain melakukan kegiatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, mahasiswa KKN Undip juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pemuda tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang serta memberikan solusi bagi masyarakat yang sudah terjerumus ke dalam narkotika untuk segera mengakhirinya.

Sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang
Sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN