Mohon tunggu...
Erick Mubarok
Erick Mubarok Mohon Tunggu... Penulis

Petani yang sedang belajar komunikasi | Penyuka sejarah | Penonton dagelan | Gooner dan Bobotoh

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

'Mantra Sakti' TNI AL Itu Bernama Jalesveva Jayamahe

30 April 2019   13:42 Diperbarui: 30 April 2019   14:03 0 1 1 Mohon Tunggu...

Jalesveva Jayamahe adalah sebuah moto atau istilah yang asal-usulnya berasal dari kerajaan Majapahit. Jalesveva Jayamahe artinya "Di lautan kita jaya".

Saya teringat pidato Presiden Joko Widodo pada saat dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, pada bulan Oktober 2014 yang lalu.

Pidato presiden Jokowi begitu menggetarkan jiwa raga rakyat Indonesia, tak terkecuali TNI Angkatan Laut (AL). Dalam pidato tersebut, Presiden Jokowi menyerukan 'Jalesveva Jayamahe'.

Seruan itu, menjadi amanah dan tugas besar bagi Prajurit TNI AL. Oleh karena itu, menuju lima tahun periode Kabinet Kerja Jokowi-JK,  TNI AL telah membuktikan seruan dari Presiden dengan berupaya terus menjaga lautan Indonesia yang begitu kaya ini.

Rakyat Indonesia tidak asing lagi ketika mendengar kata 'Tenggelamkan'. Kata ini begitu viral ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama TNI AL, tak segan menenggelamkan ratusan kapal pencuri ikan dari negara luar.

Kapal dari negara-negara tetangga yang mencuri ikan dan kekayaan lautan lainnya di perairan Indonesia sering terjadi. Mereka seakan tidak ada takutnya. Tapi melalui seruan Presiden Jokowi tentang Jalesveva Jayamahe, tidak ada kata lain selain tenggelamkan.

Kasus terakhir dari negara pencuri ikan di perairan Indonesia adalah kapal dari Vietnam. Beberapa waktu yang lalu, sebuah kapal besar milik Vietnam ingin menyelamatkan kapal-kapal pencuri ikan dari negaranya.

Kapal Vietnam mencoba mempengaruhi prajurit TNI AL di perairan Natuna. Tujuan mereka untuk membebaskan beberapa awak kapal mereka yang sudah melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.

Tentu bukan cara yang mudah. Hukum di Indonesia tetap berlaku untuk menjaga teritorial lautan. Prajurit TNI AL juga gencar melawan. Begitupun pemerintah, tidak akan membiarkan pelaku pencurian ikan di lautan Indonesia bebas begitu saja. Itulah kekuatan dibalik seruan Jalesveva Jayamahe.