Mohon tunggu...
Erha Biana Isra
Erha Biana Isra Mohon Tunggu... Lainnya - Sukarela

Mencoba Mulai Menulis, Suka Berkumpul, Pernah Bekerja Customer Service, Lulusan Teknik Informatika Amikom Yogyakarta dan Suka Kegiatan Martrial Art.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Sedikit Mengenai Talent dan Skill

6 September 2022   18:44 Diperbarui: 6 September 2022   19:26 304 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber Ilustrasi: pexels/Monstera

Seseorang selalu memiliki Talent atau dapat diartikan bakat dan Skill atau dapat diartikan keterampilan, Bakat dan Keterampilan membuat diri seseorang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dalam kehidupan sehari hari sering terdengar istilah bakat dan keterampilan secara bergantian namun terkadang istilah ini sering dipahami bahwa bakat dan keterampilan memiliki makna yang sama, pemahaman tersebut tentu perlu diteliti kembali.

Kalimat singkat yang dapat digunakan untuk memahami Talent / Bakat adalah kemampuan bawaan atau alami seseorang, sementara Skill / Keterampilan adalah kemampuan yang dihasilkan dari pembelajaran seseorang. Biasanya bakat lebih sedikit dimiliki oleh seseorang jika dibandingkan keterampilan. 

Contohnya kemampuan membuat lukisan yang indah tidak berada pada semua orang, begitulah bakat seseorang. Akan tetapi kemampuan untuk menggunakan komputer dapat dipelajari oleh banyak orang, menggunakan komputer merupakan contoh keterampilan yang banyak ditemukan.

Keterampilan juga dapat dilihat dari bagaimana cara memperolehnya, umumnya didapatkan  berdasarkan media pembelajaran, latihan atau pengalaman yang sudah sistematis.

Hal ini biasanya dilakukan secara terus menerus dan saat yang bersamaan dilakukannya ujian dan evaluasi. Keterampilan dapat melatih agar dapat melakukan sesuatu dengan teratur dan tepat. Karena umumnya tidak terlalu banyak kriteria khusus untuk memperoleh suatu keterampilan artinya keterampilan sangat memungkinkan dipelajari oleh siapa saja hanya saja memerlukan sumber daya dari orang lain.

Seseorang sudah dilahirkan dengan kemampuan khusus tidak terbatas dalam bidang studi tertentu, Hal ini dapat dilihat ketika seorang anak  melakukan akivitas bakatnya. Seperti halnya seorang anak kecil yang sudah memiliki kemampuan menari, bernyanyi, akting dll.  Sehingga sangat disayangkan apabila bakat seperti itu  tidak mendapat kesempatan untuk ditampilkan atau tidak mendapat dukungan dan apresiasi dari orang disekitarnya.          

Kemampuan untuk memahami karakter sangat dibutuhkan untuk dapat mengetahui Talent terbesar yang sebenarnya dimiliki seseorang. Hal ini berguna untuk mengarahkan seseorang agar memaksimalkan karya atau profesinya pada Talent yang telah dimilikinya,  namun kesempatan untuk mempelajari skill tertentu juga akan selalu terbuka untuk setiap orang. Disamping itu metode dan pendekatan untuk mengetahui Talent terbesar seseorang bisa dilakukan dalam bentuk test, ujian atau seleksi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan