Mohon tunggu...
Erha Biana Isra
Erha Biana Isra Mohon Tunggu... Lainnya - Sukarela

Mencoba Mulai Menulis, Suka Berkumpul, Pernah Bekerja Customer Service, Lulusan Teknik Informatika Amikom Yogyakarta dan Suka Kegiatan Martrial Art.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pendidikan Menuju Pengangguran dan Harus Berpenghasilan

4 September 2022   13:12 Diperbarui: 4 September 2022   13:20 257 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Life. Sumber Ilustrasi : PIXABAY/Schferle

Hubungan dan interaksi sosial  antara sesama manusia mulai dari hubungan dalam keluarga saudara dan pertemanan membuat saling terbiasa bertukar informasi, seperti halnya berbagi cerita tentang seputar karir atau pekerjaan, biasanya akan terdengar pertanyaan-pertanyaan yang umum, terutama bagi generasi yang baru menyelesaikan pendidikan  biasanya akan terdengar pertanyaan seperti ini.

"sudah memasukan lamaran dimana saja ?", "sudah mengikuti tes dimana saja?", "bagaimana perkembangan tes yang sudah diikuti, apakah sudah ada pengumunan ?" dan seputar pertanyaan umum lainnya yang biasanya pertanyaan-pertanyaan tersebut  tidak jauh berbeda di kalangan masyarakat.

Kemunculan pembicaraan mengenai pembahasan seputar karir atau pekerjaan tentu tidak terlepas dari prinsip berfikir yang terjadi di lingkungan masyarakat pada umumya, apabia ditelusuri kembali akan ditemukan penyebab mengapa pembahasan mengenai pekerjaan menjadi sangat populer, salah satunya karena adanya pemikiran bahwa memiliki pekerjaan merupakan hal yang akan mengangkat dan menjaga pandangan dalam status sosial  lingkungan masyarakat. 

Disamping itu yang paling utama juga dikarenakan adanya kebutuhan  hidup yang harus dipenuhi terkait kebutuhan konsumsi  sehari hari seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kendaraan, perangkat elektronik dan kebutuhan harian lainnya atau juga kebutuhan akan jangka menengah dan jangka panjang. 

Ketika telah bekerja tentu kemudian akan mengharapkan imbalan berupa upah atau imbalan lainnya yang  dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tahapan pendidikan yang paling  umum terjadi  pada lingkungan masyarakat yaitu dimulai menjalani pendidikan dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, menengah atas dan hingga ke perguruan tinggi, walaupun masih banyak alternatif pendidikan lainnya yang mungkin tidak umum.  

Keberadaan pendidikan menjadi sangat berpengaruh terdahap pembetukan generasi pencari kerja, mulai dari asal pendidikan, seberapa baik mutu dan kualitas pendidikan, berlanjut mengenai jurusan yang dipilih jika berada di jenjang pendidikan kejuruan atau sudah berada di tingkat perguruan tinggi. 

dan sampai mengenai pencapaian prestasi dalam pendidikan tersebut. Disamping itu pada dunia kerja sudah pasti akan ada dibuka lowongan, rekrutmen,  atau bentuk penerimaan karyawan lainnya.

Pihak yang membutuhkan pegawai atau karyawan biasanya akan memberikan informasi kepada umum bahwa membutuhkan karyawan pada posisi tertentu dengan keahlian yang sesuai juga pastinya. 

Saat seperti ini kemudian akan diikuti para pencari kerja yang telah bermunculan dan  tentu juga harus melewati standar test yang telah ditetapkan oleh penyedia pekerjaan, berlomba lomba untuk mendapatkan posisi pekerjaan tertentu, biasanya para pencari kerja akan bersaing apabila memang jumlah yang dibutuhkan sedikit dan banyak yang berminat pada posisi tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan