Mohon tunggu...
ERFA ARMAWANTI
ERFA ARMAWANTI Mohon Tunggu... Guru - ERFA TRI ARMAWANTI

Nama saya Erfa Tri Armawanti, saya mengajar di MA . Pesantren AL AMIN mojokerto sebagai guru ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Paham Jurnal Penyesuaian dengan Mudah

15 Oktober 2021   10:40 Diperbarui: 15 Oktober 2021   10:51 200 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CARA MUDAH MENGINGAT JURNAL PENYESUAIAN BEBAN DIBAYAR DI MUKA MENGGUNAKAN METODE NERACA ATAU BEBAN

                Jurnal Penyesuaian pada perusahaan jasa perlu dibuat untuk menyesuaikan saldo akun yang sebenarnya.dengan adanya jurnal penyesuaian kita bisa mengetahui saldo akun riil dan akun nominal sebenarnya. Adapun akun yang perlu dibuat jurnal penyesuaian adalah : perlengkapan, peralatan, beban dibayar dimuka, beban yang masih harus dibayar , pendapatan diterima dimuka, pendapatan yang masih harus diterima dan piutang tidak tertagih.

             Ketika sampai di materi jurnal penyesuaian siswa biasanya mengalami kebingungan terutama pada akun beban di bayar di muka bagaimana membuat jurnal penyesuaiannya apakah menggunakan metode pendekatan neraca atau metode beban, kemudian apabila menggunakan salah satu metode tersebut apakah hasil saldonya sama saat di masukkan ke dalam buku besar.

            Pembahasan kali ini adalah tentang jurnal penyesuaian yang mengkhususkan pada akun beban di bayar di muka. Baiklah yang kita bahas pertama disisni adalah metode pendekatan neraca.kita simak transaksi di bawah ini :

Tanggal 02 maret 2020  Salon Cantik membayar sewa ruko sebesar Rp. 24.000.000 untuk masa 1 tahun.

             Saat tanggal 2 tersebut terjadi transaksi kita membayar sewa karena kita menggunakan metode neraca atau disebut juga metode harta (komponen neraca adalah harta, hutang  dan modal) maka kita mengakui akun tersebut sebagai sewa di bayar di muka, dengan kata lain kita mengakui sebagai piutang, biasanya para siswa bingung kenapa kita menyebutnya piutang, jawabannya adalah saat kita menyewa ruko yang kita lakukan adalah membayar dahulu untuk masa 2 tahun padahal ruko tersebut belum kita tempati, sehingga kita punya piutang kepada orang yang menyewakan ruko. Sehingga jurnal umumnya sebagai berikut :

Dok. pribadi
Dok. pribadi

           Waktu pun berjalan sampai pada 31 desember 2020, sehingga kita mengahui bulan yang sudah terlewati/ ketika ruko sudah ditempati sebagai beban. Penulis biasanya mengajarkan ke para siswa agar tidak lupa dengan cara seperti ini,  metode neraca pada kata neraca ada huruf c jadi kita ingat c kita ibaratkan cudah (sudah) sudah di tempati baru kita akui sebagai beban, dengan begitu mereka langsung mengingat bahwa metode neraca adalah yang sudah ditempati sehingga jurnal penyesuaian nya sebagai berikut :

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Saldo akun sewa di bayar di muka dan beban sewa akan nampak di buku besar sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan