Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Memanfaatkan Waktu untuk Menulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memanfaatkan Waktu Untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola

Ujicoba Persipura Menjadi Bahan Evaluasi bagi 3 Pemain Asingnya

14 Juni 2021   12:39 Diperbarui: 14 Juni 2021   13:09 1236 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujicoba Persipura Menjadi Bahan Evaluasi bagi 3 Pemain Asingnya
persipura-jayapura-menggelar-pemusatan-latihan-di-kota-batu-malang-jatim-60c6f1d88ede485554767c42.jpg

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fcdn-2.tstatic.net%2Fpapua%2Ffoto%2Fbank%2Fimages%2Fpersipura-jayapura-menggelar-pemusatan-latihan-di-kota-batu-malang-jatim.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fpapua.tribunnews.com%2F2020%2F12%2F16%2Fpersipura-siap-wakili-indonesia-di-piala-afc-2021-manajemen-kalau-benar-ditunjuk-itu-rejeki-kita&tbnid=ufV59WRPZLrB9M&vet=1&docid=eKWJ6UcUKBOfSM&w=700&h=393&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim

Guna mempersiapkan diri dalam melakoni laga bergengsi pada piala AFC Cup 2021 dan Liga Indonesia 2021 - 2022. Semua tim mempersiapkan diri dengan baik.

Banyak laga - laga ujicoba yang dilakukan untuk melihat kerangka tim. Dengan mendominasi pemain - pemain lokal, klub - klub liga Indonesia mendatangkan pemain - pemain asing guna memenuhi aturan induk sepak bola nasional Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Persipura salah satunya, sudah mendapatkan tiga pemain asing guna mengisi dan memperkuat tim. Yevhen Bokhashvili merupakan pemain asing asal Ukraina yang berposisi sebagai ujung tombak atau striker. Pemain yang didatangkan guna menambah gaya gedor tim dan sekaligus sebagai tandem bersama Boaz Solossa.

Takuya Matsunaga, merupakan pemain asal Jepang yang beroperasi sebagai gelandang. Ia didatangkan langsung oleh tim Mutiara Hitam karena kebutuhan gelandang pekerja keras yang mampu memotong bola lawan dan mengatur ritme permainan dengan dibantu beberapa pemain lokal seperti Muhammad Tahir, Nelson Alom, dan Told Fere.

Yang terakhir ialah Henrique Marcelino Motta. Persipura Jayapura resmi memperkenalkan pemain ini untuk menghadapi Piala AFC 2021 dan Liga 1 2021 - 2022. Pemain asing anyar tersebut yang berasal dari Brasil dan berposisi bek tengah. Motta didatangkan sebagai palang pintu terakhir dan juga sebagai tandem dengan Ricardo Salampessy.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah ketiga pemain yang didatangkan oleh tim samba dari timur Indonesia ini sudah layak dan apakah kualitas mereka lebih baik dibandingkan pemain lokal Papua ?

Setelah serangkaian laga ujicoba yang dilakoni oleh Persipura Jayapura, dan terakhir melawan Persita Tangerang (13/06/2021), Persipura kalah telak 3 - 1.

Dari hasil ini bisa menjawab pertanyaan diatas bahwa ketiga pemain asing yang saat ini membela Persipura tidak sebagus pemain lokal atau tidak mampu memenuhi ekspektasi tim.

Apakah manajemen perlu melepaskan mereka dan menggantikan dengan yang baru ? Kita lihat saja perkembangan kedepannya. Karena tim Persipura bukalah tim kemarin sore artinya tim asal Jayapura ini bermain demi membawa nama baik Papua, sehingga kualitas tim maupun hasil pertandingan harus memuaskan para pencinta sepakbola dan terlebih masyarakat tanah Papua.

Tanggal 29 Juni 2021 merupakan tanggal yang ditunggu - tunggu Persipura Mania, dimana tanggal tersebut Persipura akan melakoni laga perdananya di Piala AFC 2021 dengan melawan Kedah Fc (Malaysia).

VIDEO PILIHAN