Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Ingin menulis

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Oktapina Yewi: Pemerintah Tolong Perhatian Sekolah Kami

21 Januari 2021   09:10 Diperbarui: 21 Januari 2021   09:25 132 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Oktapina Yewi: Pemerintah Tolong Perhatian Sekolah Kami
dok. pribadi

Guru bertugas mempersiapkan manusai susila yang dapat diharapkan membangun dirinya dan membangun bangsa dan Negara. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen disebutkan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevalusi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah.

Begitu yang dilakukan oleh ibu guru Opi, sapaan akrab dari Oktapina Yewi, guru SMA Persiapan Bumisahaja Yapsi. Dengan ilmu yang sudah didapatkan dari pendidikan Geografi, salah satu program studi Universitas Cenderawasih.

"Mengajar di sekolah ini seperti mengajar di rumah sendiri karena saya alumni dari sekolah ini maka saya ingin membangun tempat saya agar anak - anak disini tidak ketinggalan, ucap alumni Geografi angkatan 2010 tersebut.

Pendidikan di Papua memang sedang masalah baik dari infrastruktur nya maupun tenaga mengajarnya. Karena kekurangan guru di sekolah ini sehingga banyak guru mengajar mata pelajaran yang bukan basicnya.

"Saya basicnya pendidikan Geografi tetapi karena kekurangan guru saya ditugaskan untuk mengajar beberapa mata pelajaran seperti Sosiologi, Mulok, TIK, Ekonomi dan kewirausahaan. Sebenarnya saya mau tolak tetapi mau dibuat apa lagi kalau kenyataan nya begini" ujar guru yang sudah honor sejak tahun 2015 tersebut.

Sambung nya "saya tidak berharap banyak hanya ingin pemerintah kabupaten Jayapura bisa memerhatikan sekolah kami, bisa kunjungi sekolah kami dan bisa menempatkan guru PNS dan guru kontrak yang berkualitas di sekolah agar anak - anak kamipun bisa bersaing dengan sekolah - sekolah lain.

VIDEO PILIHAN