Mohon tunggu...
Eny Choi
Eny Choi Mohon Tunggu... Ganbatte Bushido

Social Worker, Community Development

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Rakor Sinergitas SDM PKH Jombang dalam Verval DTKS

27 Oktober 2020   15:45 Diperbarui: 27 Oktober 2020   16:50 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rakor Sinergitas SDM PKH Jombang dalam Verval DTKS
Bersama Bupati Jombang by EnyChoi


Hari ini, Selasa (27/10/2020) telah dilaksanakan kegiatan rakor Sinergitas SDM PKH dalam Verval DTKS Kabupaten Jombang. Acara dimulai pukul 13.00 samapai selesai di gedung Bung Tomo Pemkab Jombang. Undangan dihadiri Bupati Jombang, Sekda, Asisten, Kadinsos serta seluruh SDM PKH Jombang.
Sambutan dari sekretaris daerah sambil menunggu kedatangan ibu Bupati memberikan beberapa pesan kepada seluruh SDM PKH. Pertama, masalah pendataan diharapkan bisa dilaksanakan dengan baik sesuai juknis dan juklak. Kedua, peka terhadap dinamika perkembangan situasi terkait program-program bansos. PKH tidak boleh menjadi kompor dalam pelaksanaan, ketika ada masalah segala sesuatu harus bisa meredam bukan malah ikut memanasi.
Peka lingkungan meski bukan tugas PKH setidaknya bisa bersinergi dengan baik dengan perangkat desa. Dimanapun bekerja ada banyak tantangan. Semakin tinggi pohon semakin kencang angin meniup. Jaga citra nama baik PKH. Bergaul, ucapan yang menyejukkan, banyak membantu masyarakat. Menjadi seorang yang dirindukan. Pkh bermanfaat bagi masyarakat. Jika ada yang terlambat, eror sampaikan dengan baik.
Ketiga, komunikasi dan citra yang baik, sikap. Ada empat hal yang harus diperhatikan oleh SDM PKH pertama panggilan buat orang lain dengan sebutan yang bagus dan enak didengar. Kedua, ketika menghadapi siapapun sampaikan minta tolong ketika menginginkan bantuan orang lain. Ketiga, jangan lupa sampaikan terima kasih ketika selesai meminta. Keempat, minta maaf jika ada salah.
Jangan seperti ilmu katak. Ke atas menyembah ke bawah njejek (menendang-red).
Keempat, bekerja dimanapun pasti ada masalah. Harus bisa menutupi appaun masalah pribadi. Jangan mempengaruhi kinerja. Selesaikan supaya tidak mengganggu pekerjaan. Selesaikan yang mudah.
Selanjutnya sambutan Bupati, Hj. Munjidah Wahab. Mengharapkan sepenuhnya kepada seluruh SDM PKH sinergi dengan yang lain. Verval dilakukan supaya tidak ada kecemburuan sosial. Harus sesuai dengan kondisi. Tembakan harus pas sasaran. Obyektif . Harusnya sebagai pendamping bisa untuk memilah dan memilih kepada seluruh warga yang seharusnya mendapatkan bansos. Menemui warga yang belum mendapatkan bansos sama sekali harus segera dimasukkan dalam usulan. Terbantukan juga dengan adanya BAZNAS. Keinginan ke depan bisa memberikan makanan rantangan kepada warga yang membutuhkan. Kondisi rumah, makan sehari berapa kali, beli baju baru berapa kali setahun. Jadi ketika akan membantu MCK dari pemda atau pusat sudah ada datanya. Pengalaman dengan adanya covid 19 bantuan 600 tiap bulan. Kesulitan data untuk bansos, bahkan masih ada yang double ini karena data belum valid. Diharapkan ke depan data sudah lengkap. Bisa diakses oleh siapapun karena sudah digital. Ada form yang harus diisi oleh warga sebagai bahan sumber data.
Harus sinergi dengan berbagai lintas OPD terkait ataupun pihak manapun yang ingin memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Sudah saatnya semua harus sinergi dan peka ketika ada warga yang belum mendapatkan bantuan apapun segera diusulkan.
Harapan SDM PKH bisa memberikan masukan dan pendampingan dalam verval DTKS ini. Butuh keseriusan untuk bisa menyelesaikan data ini yang hanya dalam waktu satu bulan.
Sambutan dari korwil memberikan pesan untuk tetap semangat. Masalah benturan dengan desa dengan siapapun asal pendamping sudah menjalankan tugas sesuai tupoksi pasti aman. Korwil akan tetap membantu dan membackup teman-teman. Ada jalur komunikasi secara struktural yang akan membantu. Komunikasi sosialisasi graduasi bisa dipakai dengan bahasa yang mengena. Menggiring bagaimana warga atau KPM mau ikut memikirkan warga yang lebih layak mendapatkan bantuan.
Larangan tidak boleh menabung. Rekening bansos untuk diserap dan digunakan. Jadi harus diambil dan ditabung di tempat lain, karena dipantau oleh KPK. Misal ditabung di koperasi, sekolah atau lainnya.
Terakhir panduan teknis dari bapak Kadinsos dan bapak Kabid Linjamsos mengenai bagaimana verval ini dilaksanakan. Berkali-kali disampaikan untuk tetap menggunakan kepekaan. Tidak lagi ada saling menyalahkan tapi harus saling membangun sinergi bersama berbagai pihak sampai tingkat desa terkecil.
Demikian kegiatan ini berakhir dengan lancar . Semoga semua bisa terlaksana sesuai hraapan. SDM PKH SIP Santun Integritas Profesional.

Peksos Supervisor
Sri Indaryani,S.Sos.,M.PdI.,M.Sos

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x