Mohon tunggu...
Eny Ariyanti
Eny Ariyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya guru Pendidikan Anak Usia Dini, sangat menyukai anak-anak, hobby musik dan tari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengalaman Mengikuti Bimtek IGPAUD Kemendikbud

24 September 2022   11:01 Diperbarui: 24 September 2022   11:09 182 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENGALAMAN MENGIKUTI BIMTEK IGPAUD KEMDIKBUD 2020

Alhamdulillah ya Allah …

Ikut Bimtek kali ini sangat luar biasa karena para pesertanya bearasal dari seluruh kota atau propinsi yang ada di  Indonesia. Beruntung sekali saya bisa bergabung bimtek di sesi I  yang diselenggarakan oleh IGPAUD Kemdikbud tanggal 12, 14-17 September 2020  via zoom meeting, mengingat  antuasiasmenya  para pendidik paud yang ingin ikut bimtek sampai ratusan orang yang belum bisa gabung karena kuota sudah penuh.

Pada tanggal 12 September 2020 pertama tama diadakan pembekalan penguatan pembelajaran paud yang mana jam 06.00 harus mengisi dan mengirim form absensi. Dengan rasa antusias yang tinggi saya sudah mempersiapkan diri untuk tepat waktu supaya tidak ketinggalan informasi maupun ilmu yang sangat luar biasa. Pada sesi pembekalan dibuka oleh Ibu Chustini selaku ketua IGI P pusat yang memberikan penjelasan bahwa seluruh peserta bimtek  nantinya berkewajiban untuk mengimbaskan ilmu yang didapat dengan teman seprofesi, masyarakat dan mengaplikasikan ilmunya untuk anak-anak di dunia pendidikan, membuat laporan pengimbasan sebagai syarat untuk diberikannya sertifikat. Bagi saya itu sangat menarik dan luar biasa sehingga membuat saya semakin antusias untuk menyerap ilmu dari bimtek ini.

Pembekalan dilanjutkan oleh Bapak Aria Ahmad Mangunwibawa Dirjend Paud RI dengan moderator Bapak Subhan. Satu materi yang syarat akan makna dari beliau yaitu guru sebagai penggerak dan mendistribusikan materi bimtek pada dunia pendidikan dengan 12 judul materi BIMTEK yang akan diberikan kepada seluruh peserta, kemudian oleh Bapak Farid Bahwerets yang menyampaikan point pokok ulasan tentang peran orang tua dan guru dalam dukungan psikososial bagi anak, dan didukung oleh bapak/ibu pemateri yang luar biasa yaitu: Ibu Ruly Dwi Anjarsari, ibu Evi, Ibu Retno, Ibu Sri, Ibu Tata, Ibu Dona, Ibu Lely, Ibu Heppy, Ibu Eva, Bapak Andriyanto.

Bimtek hari pertama yaitu hari senin, 14 September 2020. Jam 06.00 presensi Bimtek sudah dibuka dan dilanjutkan dengan prestest.  Zoom dibuka saat jam 7.00 dengan susunan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars IGI, sambutan dari bapak Mampuono dari LPMP Jateng.

Sekitar jam 08.00 acara utamapun dimulai dengan pemateri pertama ibu Ruli Dwi Anjarsari, M.Pd memaparkan  Pentingmya Bermain Bagi Anak Usia Dini  Materi beliau sangat luar biasa membuka wawasan para peserta bimtek dengan pembelajaran yang tidak banyak mengacu pada LK tetapi pembelajaran dengan bermain dengan media konkrit untuk menstimulus aspek aspek perkembangan anak secara optimal. Pemateri kedua Ibu Evi dengan materi bimtek bermain matematika yang menyenangkan di rumah dengan point pembelajaran mencocokkan, mengelompokkan,  seriasi, bilangan, pola, gometri, grafik, mengukur dengan media yang ada dirumah dengan metode bermain yang meyenangkan.

Bimtek hari kedua yaitu hari selasa, 15 September 2020. Jam 06.00 pressensi kehadiran dan zoom dibuka jam 07.00 dengan pembukaan mars IGI PAUD. Pemateri pertama oleh Ibu Retno Wulandari dengan materi bimtek Bermain Sains Pada Anak Usia Dini. Point utama dari sains ini yaitu sains fisik, sains makhkluk hidup dan sains bumi dan lingkungan, dilanjutkan oleh Ibu Oktavika Dwi dengan materi Bermain Seni Kriya Pada AUD dengan ulasan pentingnya seni berbasis proses dan seni berbasis hasil. Pemateri selanjutnya yaitu ibu Tri Wahyuningsih, M.Pd dengan materi Bermain Bahasa Di Rumah dimana inti dari materi ini adalah mestimulus bahasa anak dengan melibatkan kegiatan dalam percakapan secara continue baik dengan lagu, syair, cerita media, gambar berseri/flashcard dan media sederhana yang ada dirumah. Materi dilanjutkan oleh ibu Rais Syahidah dengan judul materi Musik Dan Gerak

Bimtek hari ketiga Rabu, 16 September 2020. Jam 06.00  presensi kehadiran dan zoom dibuka jam 07.00 Pemateri pertama oleh Bpak Bagus Sumantri dengan judul materi Rencana Pelaksananaan Pembelajaran. Kami semua diajari membuat RPP sederhana dimasa pandemi selama BDR dengan tetap mengacu pada silabus STPPA, KI, KD indikator dan alokasi waktu, dilanjutkan oleh bapak Andriyanto dengan materi Dukungan Psikologi Awal

Bimtek hari ke empat kamis,17 September 2020, Jam 06.00 presensi kehadiran dan jam 07-00 zoom dibuka. Materi kali ini tidak kalah luar biasa dan pentingnya untuk para peserta dengan pemateri ibu Heppy Prasetyo ayu  dengan judul materi Pengasuhan Positif, ibu Aisyah dengan materi Komunikasi Positif, ibu Eva dengan materi Tips Menggunakan Media Daring.

Sesi bimtek ditutup dengan sambutan oleh bapak Muhammad Hasbi Dirt Paud yang memberikan materi Pendidikan AUD Di era Adaptasi Kebiasaan Baru, Tak lupa diakhir bimtek seluruh peserta mengerjakan postest yang hasilnya sebagai tolok ukur sejauh mana hasil yang dicapai dari bimtek kali ini.

Dari semua rangkaian materi bimtek yang disampaikan kepada para peserta banyak memberikan wawasan, inspirasi dan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan. Dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab menunjukkan betapa para pendidik  paud seluruh nusantara haus akan ilmu pengetahuan untuk menunjang kinerjanya. Sunguh sebuah pengalaman yang tak ternilai harganya bisa mengikuti kegiatan bimtek kali ini. Harapannya semoga dengan bekal ilmu yang saya peroleh dari bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi sebagai  pendidik anak usia dini dilingkungan saya khususnya dan dapat mewujudkan  semua peserta bimtek dari seluruh nusantara,  menjadi guru yang kreatif, terampil, cerdas, hebat, sehingga  dapat  mewujudkan profesionalismenya di bidang PAUD.



Penulis,

 Eny Ariyanti, S.E., S.Pd.

 Guru TK Sartiasari - Surabaya       

Email: ennyariyanti09@gmail.com

       



Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan