Mohon tunggu...
Enti Rahni
Enti Rahni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kiat Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Inovasi bagi Seorang Wirausaha

12 November 2022   18:14 Diperbarui: 12 November 2022   18:37 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Siapa sih yang tidak mau menjadi seorang wirausaha yang memiliki jiwa kretivitas dan inovasi yang tinggi ?


Tentu semua wirausaha ingin memiliki kreativitas dan inovasi tanpa batas. Apalagi melihat perkembangan zaman saat sekarang ini yang semua sudah canggih, tentu seorang wirausaha harus memiliki kreativitas dan inovasi agar bisa menyelaraskan kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas.

Kreativitas dan inovasi merupakan dua definisi yang berbeda namun keduanya saling keterkaitan. Kreatif tanpa inovatif tidak bisa berjalan dan begitu juga inovatif tanpa kreatif juga tidak bisa terealisasikan. Jadi apa sih kreativitas dan inovasi itu ?


Kreativitas yaitu kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan juga menemukan cara-cara baru dalam memandang masalah dan peluang. Sedangkan inovasi yaitu kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang.


Nah, bagaimana sih cara menemukan ide-ide baru bagi seorang wirausaha itu ? jawabannya hanya dua kata yaitu temukan masalah. Temukan masalah disini bukan hanya dilevel produksi, layanan, tapi jeli dalam manajemen dan pasokannya. Tetapi hal sederhana dalam belajar menemukan masalah itu.

Misalnya kalau kita memiliki beberapa produk kemudian ada satu dari produk kita itu orang sangat suka, sementara ada produk yang lain orang tidak begitu suka berarti ada suatu problem kenapa produk yang satu lebih laku dan kenapa produk yang lain tidak laku. Maka kita harus menemukan masalahnya dimana, apakah memang produknya tidak bagus atau justru tidak cocok.


Jadi dalam menemukan masalah itu bukan hanya baik buruknya produk tetapi dalam semua aspek juga harus diperhatikan baik itu pemasarannya, hubungan kita dengan pelanggan dan faktor harga.

 Sehingga dari sana kita sudah menemukan masalahnya, jika sudah menemukan masalah tentu kita akan memikirkan bagaimana solusinya. Nah solusi itulah yang disebut dengan sebuah inovasi. Sedangkan suatu kreativitas itu sering muncul karena ada suatu problem.


Contohnya seperti yang kita ketahui bersama-sama yaitu berdirinya GO-JEK oleh Bapak Nadiem Makarim. Itu terbentuk karena ada suatu masalah yang melatar belakanginya, yaitu karena Jakarta macet karena mobilitas penduduk sangat tinggi sehingga orang tidak bisa dengan cepat mencapai titik tujuan. 

Nah selanjutnya muncul isu kemacetan, dimana orang butuh bagaimana menjangkau suatu tempat dengan biaya relatif terukur ya walaupun dengan kemacetan. Nah kemudian Bapak Nadiem Makarim menemukan solusi yaitu memberikan satu model alat transportasi yang cepat, bisa menembus kemacetan dengan jaminan biaya terukur tidak mengira-ngira.  


Jadi kreativitas dan inovasi memang harus dimiliki setiap jiwa seorang wirausaha karena dalam berbisnis itu tidak selalu berjalan mulus dan adanya persaingan yang ketat tentu seorang wirausaha harus siap dengan semua masalah yang terjadi salah satunya dengan cara menumbuhkan jiwa berfikir kreatif dan inovatif untuk mencari ide agar bisa memecahkan masalah dan mencari solusi yang terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun