Mohon tunggu...
eno damayanti
eno damayanti Mohon Tunggu... Seniman - Mahasiswa Magister Ilmu Linguistik Universitas Jember

Mungkin perihal disini belum terlihat ringan dan sederhana, tapi saya selalu ingin mencoba. ketika sebuah perjalanan adalah yang paling menyenangkan, semoga suatu saat kita bisa bercerita tentang linimasa pada putra-putri masa depan. Instagram : eno.damayanti

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Nugget Ayam

16 Juli 2021   11:07 Diperbarui: 16 Juli 2021   11:47 96 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nugget Ayam
Dok. pribadi

Kali ini membuat nugget ayam, bahannya tidak jauh dengan chicken egg roll atau rolade. Bedanya egg roll tidak menggunakan tepung panir atau roti. Berikut ini adalah bahannya : 

  1. Daging ayam dipotong kecil-kecil bagian dada menthok 500gr
  2. Tepung tapioka 5 sdm 
  3. Tepung terigu 3 sdm 
  4. Tepung panir atau roti 1/2 kg 
  5. Gula secukupnya 
  6. Garam sesuai selera 
  7. Kaldu jamur atau penyedap rasa
  8. Merica bubuk 1 sachet atau sesuai selera 
  9. Daun bawang pemanis nugget
  10. 3siung bawang putih 

Langkah pertama blender atau cincang daging ayam yang sudah diiris kecil agar mesin blendernya terbantu. Masukkan bawang putih, merica , gula , garam dkk sekalian diblender jadi satu. Setelah halus di blender silahkan masukkan tapioka dan terigu dalam adonan nugget sampai merata. Iris daun bawang kecil-kecil untuk pemanis hiasan nugget agar tak terlihat polosan. Boleh kamu memakai seledri. Cicip rasanya jika sudah lezat dan enak sajikan diatas plastik yang sudah diberi sedikit minyak diatas loyang. Kukus nugget selama 20 menit, setelah matang potong sesuai keinginan hati. 

Untuk membuat nugget menyatu dengan tepung roti atau panir, kalian boleh menggunakan putih telur dioles ke nugget yang sudah di iris, kalau untuk berhemat bisa juga menggunakan terigu diberi kaldu dan air hanya agar tepung panir lengket menyatu, goreng dalam keadaan api yang panas. Angkat ketika warna nugget kekuningan agar merah, sajikan dengan saos atau mayonnaise sesuai selera kalian di rumah. 

Memanjakan lidah tidak membuat hati dan pikiranmu gerah, memanjakan lidah keluarga dan sekitar adalah hal bermanfaat untuk dirimu dan sesama manusia. 

Enjoy !!!! 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN