Mohon tunggu...
Enny Ratnawati
Enny Ratnawati Mohon Tunggu... Lainnya - penulis lepas,blogger

Enny ratnawati -- Mantan jurnalis -- writerpreneur dan social worker :) Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

UMKM Melek Digital, Majukan Usaha Setelah Pandemi

1 Juli 2022   07:01 Diperbarui: 1 Juli 2022   07:04 144 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sasirangan khas kalsel (foto: regional kompas. com) 

Pandemi yang sebenarnya hanya dua tahun tapi mampu menghancurkan usaha yang sudah dibangun selama puluhan tahun. Kini saatnya bangkit kembali.

Sebut saja namanya Anto (50), usahanya sejak lama ada di bisnis oleh-oleh dan souvenir khas Kalimantan Selatan . Bisa dibayangkan dulu usahanya maju, sejalan dengan penambahan wisatawan yang datang ke Kalsel. Puncak kemajuan usahanya sendiri terjadi pada 2018, sebelum pandemi.

Dikutip data.kalselprov.go.id, memang ada 1.2843.800 wisatawan yang datang ke Kalsel pada 2018. Sedangkan di 2019, Kalsel kedatangan  8.656.977 wisatawan. Namun di 2020  dan 2021,  kunjungan wisatawan ke 13 kabupaten/kota mengalami penurunan drastis. Pandemi membuat bisnis terpuruk dengan berbagai pembatasan..

Selama ini Anto berbisnis menjual berbagai souvenir khas daerah berupa perhiasan/mutiara, baju kaos , souvenir-souvenir, tikar lampit hingga kain sasirangan khas Kalsel.

Optimis Setelah Pandemi

Memasuki awal 2022 lalu, Anto yakin bisnisnya semakin membaik walaupun memang wisatawan yang datang belum juga banyak. Namun sejumlah langkah sudah dilakukannya untuk pengembangan bisnisnya.

Misalnya dia mulai memasarkan usahanya di market place maupun berbagai platform sosial media yang dimilkinya.

Dia juga sudah berlangganan wifi IndiHome yang terkenal dengan internetnya Indonesia. Apalagi di wilayah tempat usahanya hanya wifi milik Telkom Indonesia ini yang bagus jaringannya.

Manfaat internet benar-benar sudah disadarinya. Apalagi rekan-rekan se-profesinya juga sudah memasarkan dengan berbagai platform. Hasilnya? Pada semester 1/2022 saja biisnis Anto mulai menggeliat kembali.

Menurutnya, yang paling dominan adalah bisnis kain sasirangan. Sejalan dengan dibukanya pintu mudik lebaran 2022 lalu sehingga memang banyak sekali yang mudik ke Kalsel dan penjualannyapun meningkat.

Kemudian peningkatan lainnya dipicu dengan kembalinya sekolah-sekolah belajar offline dan kantor tidak lagi memberlakukan WFH, sehingga diperlukan kembali seragam sasirangan baru untuk sekolah maupun perkantoran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan