Mohon tunggu...
Jhosua Sabathino Ennos A
Jhosua Sabathino Ennos A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UMKM Purwoyoso Pake Strategi Marketing Biar Bisnis Jadi Amazing

11 Agustus 2022   10:11 Diperbarui: 11 Agustus 2022   11:25 24 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi Strategi Marketing dalam Mengembangkan Usaha bagi Masyarakat di Kelurahan Purwoyoso (Dokpri)

Semarang (19/07/2022) – Perkembangan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia pada saat ini terus berkembang. Dengan perkembangan ini memaksa para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah aspek hukum atau legalitas, aspek ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen serta aspek keuangan.

Dari beberapa aspek yang harus diperhatikan aspek pasar dan pemasaran merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, pelaku UMKM dapat menganalisa sejauh mana bisnis tersebut dapat berkembang.

Oleh karena itu, melihat potensi UMKM yang ada di Kelurahan Purwoyoso terutama pada RT. 4 RW. 13. Jhosua Sabathino Ennos A (21), selaku mahasiswa KKN Tim II Undop 2021/2022 dari jurusan Manajemen, mengenalkan strategi marketing yang patut diterapkan oleh UMKM (Sikuner) yang ada di Kelurahan Purwoyoso. UMKM yang dipilih adalah UMKM Sikuner atau Silandak Kuliner, yang merupakan UMKM kolektif yang ada di RT.04 RW.13 Kelurahan Purwoyoso. UMKM Sikuner menjual berbagai produk khususnya makanan dan minuman hasil produk sendiri.

Kegiatan pengenalan strategi marketing ini dibalut dalam program kerja “Edukasi Strategi Marketing dalam Mengembangkan Usaha bagi Masyarakat di Kelurahan Purwoyoso”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022 di salah satu rumah anggota UMKM Sikuner (Ibu Hendro). Pada pelaksaanya dihadiri oleh beberapa anggota UMKM Sikuner.

Materi yang disampaikan berkaitan dengan aspek pemasaran. Diawali dengan mengenali tujuan aspek pemasaran, diantaranya dapat menguasai pasar, membantu meningkatkan penjualan dan laba UMKM, dapat mengurai adanya persaingan pasar, dan dapat menaikan jumlah produk di pasar.

Poster
Poster "Strategi Marketing Biar Bisnis Jadi Amazing" (Dokpri)

Setelah itu dilanjutkan dengan memaparkan beberapa aspek yang harus diketahui untuk menerapkan strategi marketing yang tepat. Yang pertama, produk merupakan apa yang para pelaku UMKM jual dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen atau tidak. Yang kedua, promosi adalah bagaimana cara yang tepat untuk menjangkau target konsumen, baik online maupun offline. Yang ketiga, tempat atau lokasi adalah dimanakah lokasi yang tepat untuk berjualan sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Yang keempat, harga adalah berapa harga yang layak untuk menjual produk tersebut dengan memperhatikan harga produksi dan target pasar. Yang kelima, proposisi adalah bagaimana posisi produk UMKM dibanding kompetitor.

Pemaparan Materi oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 (Dokpri)
Pemaparan Materi oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 (Dokpri)

Dan setelah pemaparan materi, terdapat sesi diskusi antara mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022. Dengan adanya program kerja ini diharap pelaku UMKM di Kelurahan Purwoyoso terutama Sikuner semakin mengerti apa strategi marketing yang tepat digunakan untuk memasarkan produknya. Sehingga diharap pada akhirnya dapat semakin berkembang dan kuat dalam menghadapi persaingan usaha.

Nama               : Jhosua Sabathino Ennos A

NIM                : 12010119120071

DPL                : Dr. Ir. Suzana Ratih Sari, M.M, M.A

Lokasi KKN   : Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan