Mohon tunggu...
Ernip
Ernip Mohon Tunggu... Administrasi - Wanita dan Karyawan swasta

Terima kasih sudah berkunjung!

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Memasak Sesuai Selera Tanpa Pakai Aturan Baku, Sah-sah Saja Bukan?

17 April 2021   22:45 Diperbarui: 17 April 2021   23:38 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rupa mie get nusantara I Dokpri

Ketika saya dan teman-teman berhenti di kedai di Goa Garunggang, seperti yang saya ceritakan sebelumnya disini, saat itu beberapa dari kami memesan mie instan. Ada yang memesan mie rebus pakai telor ada pula yang memesan mie goreng.

Sambil mengunggu pesanan tiba, salah satu diantara kami berkomentar, mie instan itu tanpa diapa-apain pun sudah enak. Maksudnya dinikmati dengan hanya merebus mie instan begitu aja pakai tambahan telor.

Mie instan merupakan makanan yang sangat familir bagi kita semua. Mie instan, dapat dinikmati dengan banyak cara, bisa digoreng atau direbus, bisa tanpa topping atau dengan tambahan toping.

Semua orang punya selera. Masak dan makan menurut saya bukan hal yang selalu wajib mengikuti aturannya, tetapi boleh berkreasi sesuai selera. Bagaimanapun cara masaknya, semua tergantung pada selera yang menyediakan dan mengonsumsinya.

Kalo saya, saat memasak mie instan, saya lebih suka membuang rebusan pertama lalu menambah irisan sayur dan telor. Lalu sedikit bumbu lada. Akan enak lagi kalau pakai cabe halus agar rasanya sedikit lebih pedas.

Mie Get Nusantara juga melakukan hal sama. Mie instan yang diolah dengan cara sendiri sama sekali berbeda dari saran penyajikan dalam kemasan mie instan pada umumnya. Mie get nusantara memiliki bumbu berbeda dengan tambahan toping bakso dan sayur. Saya pun mencobanya di Taman Jajan Bintaro minggu lalu. Mie get nusantara ini buka sejak Januari lalu.

Penasaran gimana rasanya? Tanpa basa-basi karena belum makan siang ketika saya tiba disana, saya pun langsung mencobanya setelah dihidangkan oleh mas Maymay (Operasional).

Mie get nusantara I Dokpri
Mie get nusantara I Dokpri
Dari menu yang ada, mie goreng, mie nyemek dan mie kuah, saya memesan mie nyemek. Mie nyemek merupakan menu favorit disini. Sedikit mirip dengan mie kuah, mie nyemek lebih sedikit kuahnya.

Menurut saya, rasa mie instan dalam mie get nusantara masih ada. Perbedaannya terletak ditambahan rasa manis dan warna kuah mie get lebih gelap. Tapi rasa manisnya tidak terlalu mencolok karena bisa request rasa pedas. Satu porsi dengan tambahan sayur, telor dan bakso sangat mengenyangkan.

Mungkin teman-teman yang baca dan belum pernah cobain mie get nusantara, sedikit cerita tentang asal-usul mie get ini. Soalnya, saya awalnya merasa penasaran. Apalagi katanya mie get nusantara ini berasal dari Cirebon. Berarti ada sesuatu yang khas dong, gitu kan.

Mie get nusantara awalnya dari mie get Cirebon. Olahan pak Yanto sejak 25 tahun yang lalu. Beliau melakukan percobaan beberapa resep hingga menemukan resep pilihan di tahun ke 10. Sejak itu sampai sekarang, resep tersebut dipertahankan sampai sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun