Mohon tunggu...
Ernip
Ernip Mohon Tunggu... Wanita dan Karyawan swasta

ğŸŽ“Kimia-MIPA 💻Bidang lingkungan 📩ernipakpahan16@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Tracking Sentul, Menikmati Alam dengan Jalan Kaki

14 April 2021   22:00 Diperbarui: 16 April 2021   03:16 1020 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tracking Sentul, Menikmati Alam dengan Jalan Kaki
Salah satu spot foto di trekking alam Sentul dari goa Garunggang menuju curug Lewi Asih I Dokumentasi pribadi

Tidak sedikit orang memilih alam sebagai salah satu alternatif pilihan liburan. Mengunjungi alam terbuka memang menyenangkan. Pengunjungnya dapat menikmati keindahan alam secara langsung.

Selain itu, mengunjungi alam secara langsung dapat memberikan banyak manfaat. Kita bisa melihat warna hijau dari tumbuhan yang menyegarkan mata, menghirup udara segar, juga semakin mengenal alam lebih baik.

Biasanya mereka yang suka dengan alam mengunjungi daerah pedesaan, wilayah pegunungan seperti puncak, mendaki gunung atau pergi ke pantai. Terutama di masa pandemi saat ini, mengingat sudah berbulan-bulan sudah di rumah dan demi menghindari ruang tertutup, area terbuka digandrungi banyak orang.

Di antara itu semua, trekking dapat dijadikan sebagai pilihan liburan ringan. Selain ringan, tanpa membutuhkan banyak waktu pun tidak menguras kantong.

Trekking atau juga disebut dengan hiking merupakan kegiatan liburan menyusuri alam dengan berjalan kaki. Selagi berjalan kaki, kita bisa menikmati keindahan alam. Apalagi jarak yang ditempuh semakin jauh. Maka, semakin banyak kesempatan melihat banyak hal.  

Mengikuti kegiatan trekking, pengunjung dapat menikmati beberapa keindahan alam sekaligus. Pengunjung dapat melihat area tinggal masyarakat setempat, area pegunungan, sungai, kebun dan bahkan hutan. Daerah seperti ini terdapat di wilayah dengan letak geografis pegunungan.

Mengingat alam kita kaya dan letak geografis pegunungan sangat banyak, mudah sekali menemukan daerah seperti ini. Salah daerah tersebut ialah Sentul Bogor. Tempat trekking yang baru saja saya kunjungi minggu lalu.

Sebenarnya keinginan mengikuti kegiatan trekking ke Bogor sudah lama saya idam-idamkan. Setelah sekian purnama tinggal di rumah saja, ingin rasanya keluar barang sebentar melihat alam. Bahkan berkunjung ke taman setelah dibuka sejak pertengahan April bulan lalu saya gandrungi. Namun, karena satu dan hal lainnya, rencana ini pun tertunda dari tahun lalu.

Bersyukurnya, keinginan yang sudah lama tersimpan ini mulai mendapat titik cerah. Berawal ketika ngobrol dengan seorang teman dan kita membicarakan tentang ide ini. Ternyata teman-teman yang lain juga tertarik. Jadilah kami menyusun rencana.

Bertemu di meeting point Jungle Land

Tour guide memandu melakukan pemanasan sebelum trekking I Dokumentasi Edwan
Tour guide memandu melakukan pemanasan sebelum trekking I Dokumentasi Edwan
Maka pagi-pagi, berangkatlah kami menuju meeting point sesuai dengan panduan jasa tour guide. Trekking ini berada di Kecamatan Babakan Sentul.

Lantaran ini baru pertama kali bagi kami semua, kami lebih memilih mengandalkan jasa tour guide. Tetapi tidak berarti pengujung harus menggunakan jasa tour guide. Area trekking di Sentul dapat dikunjungi oleh siapa saja dan kapan saja.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN