Mohon tunggu...
Enjang Kusnadi
Enjang Kusnadi Mohon Tunggu... Dosen - Belajar dan Mengajar

Teman Sejati Selalu Menemani

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

10 Rekor Piala Asia Wanita 2022, Nomor 7 Milik Pemain Timnas Putri Indonesia

9 Februari 2022   01:46 Diperbarui: 9 Februari 2022   01:51 760
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto peraih rekor Piala Asia Wanita 2022 (Sumber: the-afc.com)

AFC Women's Asian Cup India 2022 yang dikenal di Indonesia dengan label Piala Asia Wanita 2022 telah berlalu. Turnamen sepak bola wanita Asia yang digelar sejak 20 Januari sampai 6 Februari 2022 itu berakhir dengan kemenangan timnas putri China setelah di final mengalahkan Korea Selatan.

Perhelatan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 itu pun mengantarkan dua timnas putri Asia Tenggara, Filipina dan Vietnam sukses melaju ke putaran final Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Sedangkan rekor perorangan dicatat oleh pemain Australia Sam Kerr dan legenda sepak bola putri China Shui Qingxia yang berhasil mencatatkan sejarah atas diri mereka sendiri dalam turnamen yang diikuti 12 negara Asia.

Meski Indonesia gagal meraih prestasi, namun ada satu rekor Piala Asia Wanita 2022 yang melibatkan salah satu pemain timnas putri Indonesia.

Berikut 10 rekor yang berhasil dicatat AFC di Piala Asia Wanita 2022 dalam fakta dan angka.

1.  Rekor Juara

China berhasil memperpanjang rekor juara menjadi sembilan kali menjuarai turnamen kasta tertinggi sepak bola wanita di Asia. Rekor ini sulit dikejar oleh negara manapun mengingat pemegang rekor kedua atas nama timnas putri Korea Utara dan Chinese Taipei, masing-masing baru membukukan tiga kali juara.

2.  Koleksi Gol 

Bintang sepak bola putri asal Australia, Sam Kerr menjadi top skor Piala Asia Wanita 2022 setelah berhasil mengemas 7 gol. Dengan total koleksi 56 gol termasuk 7 gol yang dikemas di India, kini striker yang bermain di Chelsea itu pun berhasil melampaui rekor koleksi gol bintang sepak bola Australia lainnya, Tim Cahill.

3.  Lolos ke Piala Dunia 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun