Mohon tunggu...
Enik Rusmiati
Enik Rusmiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Yang membedakan kita hari ini dengan satu tahun yang akan datang adalah buku-buku yang kita baca

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Manfaatkan Kompasiana sebagai Media Pembelajaran

27 Oktober 2022   14:50 Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:04 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa memanfaatkan teks bacaan yang ada di Kompasiana untuk pembelajaran. sumber: dokumen pribadi

Selamat ulang tahun Kompasiana. Akhirnya kepadamulah aku berlabuh. Setelah perjalanan sekian waktu menemukan rumah menulis yang tepat untuk menambatkan jati diri menulis yang lama tersimpan di tumpukan diari.

Saya bergabung di Kompasiana pada tahun 2019, saat mengalami baper tingkat dewa, karena pergolakan sosial di tempat kerja. Saat itu saya butuh menyalurkan kegelisahan dengan menulis, karena bila disampaikan kepada teman atau saudara, saya khawatir justru akan menimbulkan fitnah berkepanjangan.

Dikenalkan dan dibimbing oleh kompasianer Anis Hidayatie, di platform ini saya menemukan banyak ilmu dan pengalaman menulis dari orang-orang hebat. Menyadari sepenuhnya bahwa menulis tidak hanya menuangkan gagasan, namun juga kebaruan ilmu agar memberi manfaat kepada pembaca. Selain itu juga harus menjaga kesantunan berbahasa agar tidak menimbulkan polemik dan tidak menyakiti orang lain.

Banyak manfaat yang bisa saya temukan setelah bergabung dan membaca karya para kompasianer. Muncul ide untuk melakukan inovasi yang berhubugan dengan pekerjaan saya sebagai guru. Beberapa manfaat yang bisa saya rasakan selama bergabung di Kompasiana antara sebagai berikut,

Memanfaatkan Kompasiana sebagai Media Pembelajaran

Bagi seorang guru pemanfaatan media ini sangat penting, karena bisa digunakan sebagai alat bantu agar dapat memperjelas apa yang disampaikan oleh guru. Melalui sebuah media juga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tidak abstrak, bisa divisualisaikan secara nyata atau kongrit.

Dengan media pembelajaran, kualitas pembelajaran menjadi meningkat, karena menjadikan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Jadi tidak hanya guru saja yang aktif menyampaikan materi. Lalu hubunganya dengan Kompasiana?

Baik kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka, dalam proses pembelajaran menuntut siswa bisa berpikir tingkat tinggi. Yaitu suatu kemampuan dalam memahami dan menemukan solusi terhadap suatu permasalahan dengan cara yang bervariasi. Hal ini agar siswa bisa menghadapi tuntutan kompetensi pada abad 21, siswa diharapkan lebih kritis, kreatif dan sanggup menghadapi situasi komplek di kehidupannya.

Untuk menjawab tuntutan tersebut, saya memanfaatkan Kompasiana ini sebagai media pembelajaran. Sesuai kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia, karena saya mengajar mapel ini, bahwa semua kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berdasarkan teks yang di dengar atau di baca.

Untuk teks yang dibaca inilah saya mengambil teks bacaan yang terdapat di Kompasiana. Sesuai yang terdapat dalam kurikulum, tema teks pembelajaran bahasa Indonesia yang disajikan kepada siswa yaitu lingkungan, budaya dan sosial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun