Mohon tunggu...
Enik Rusmiati
Enik Rusmiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Yang membedakan kita hari ini dengan satu tahun yang akan datang adalah buku-buku yang kita baca

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen Teenlit: Cinlok di Ruang Diskusi (Tamat)

31 Januari 2021   11:31 Diperbarui: 31 Januari 2021   17:08 1234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Baiklah, gimana Fir. Apa rencana yang telah kamu susun untuk kegiatan Februari nanti?" tanya Fikal dengan tatapan yang khusus ke arah Firda.

"Seperti kesepakatan kita minggu lalu. Selain menyebarkan pamflet, pesan menarik lewat media sosial. OSIS juga akan menyampaikan sosialisasi kepada seluruh siswa sebelum kegiatan pembelajaran."

"Nah, bagus itu. Sebagai anggota OSIS kita harus menjadi teladan kepada seluruh siswa," Dimas memberi respon positif atas penjelasan Firda.

"Saya sudah membuatkan teks diskusi, nanti biar Fikal yang menyampaikan. Kenapa saya buat teks diskusi? Harapannya nanti tidak hanya sekedar menyampaikan materi, tetapi ada diskusi, ada tanya jawab dari teman-teman kita, biar suasana lebih hidup."

"Tolong jelaskan dulu ke saya Fir, bagaimana struktur teks tersebut," tanya Fikal

"Judulnya, Say No To Valentine Day. Katakan Tidak untuk Hari Valentine, gimana? Cukup menarik kan?"

"Iya, keren Fir," jawab Dimas sambil acungkan jempol buat Firda, "isinya gimana Fir?"

"Pada bagian pendahuluan, Fikal akan menyampaikan informasi bahwa di era modern ini masih banyak remaja yang merayakan valentine day ini berupa saling mengungkap cinta dan berkasih-kasihan dengan teman lawan jenisnya. Bahkan tidak hanya ucapan saja, mereka banyak yang melakukan dengan perbuatan yang melanggar ajaran agama. Padahal dampak negatif jauh lebih besar daripada positifnya."

"Bagus Fir, selanjutya bagian gagasan pendukung atau pronya gimana Fir?" tanya Danisa penasaran.

"Bagian pro ini akan dijelaskan beberapa dampak negatif perilaku valentine day ini bagi remaja. Seperti pergaulan bebas, narkoba atau minuman keras. Gagasan pendukung berikutnya yaitu dampak dari perilaku budaya barat ini adalah pemborosan. Acara valentine day itu kan identik dengan bunga, coklat atau kado-kado yang lain. Pasti untuk membeli semua itu kan butuh uang, sementara remaja itu kan masih pelajar, belum bekerja. Bener kan?"

"Bener banget Fir, sedangkan untuk untuk gagasan kontranya gimana Fir?" Dimas mulai penasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun