Mohon tunggu...
Eni Konita Konita
Eni Konita Konita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hiduplah dengan caramu sendiri

Tidak akan pernah bisa mengalahkan dirimu.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menyelami Penerapan Evaluasi Pembelajaran

18 Desember 2021   12:29 Diperbarui: 18 Desember 2021   12:59 134 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Evaluasi pembelajaran pendidikan di TK paud 

Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran adalah Keterampilan dasar yang harus dikuasai pendidik Pendidik masa depan sebagai salah satu kemampuan profesionalnya. Evaluasi pembelajaran adalah kemampuan profesional Pendidik. Kompetensi ini sejalan dengan alat penilaian Salah satu indikator kemampuan guru adalah berbuat Evaluasi pembelajaran. Pada pembahasan kali ini akan dibahas bagaimana guru mengevaluasi pembelajaran di PAUD.

Dalam wawancara cara yang dilakukan pada sore hari melalui media via WhatsApp terdapat beberapa seorang guru TK yang menjelaskan bahwa penerapan evaluasi pembelajaran di paud sangatlah berbeda dengan anak sd, beliau menjelaskan bahwa evaluasi pembelajaran pendidikan paud itu terdapat 2 evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi setiap pembelajaran dan evaluasi setiap semester. Kali ini penulis melakukan wawancara kepada 2 guru TK secara acak, penulis memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai penerapan evaluasi pembelajaran.

Dalam Bagaimana sistematika penerapan evaluasi pembelajaran yang dilakukan Paud KB?

Apakah sesuai dengan Permendikbud di Indonesia?

Menurut ibu pentingnya penerpan evaluasi pembelajaran bagi siswa bagaimana?

Jika terdapat kekeliruan dalam mengevaluasi apakah dilakukan evaluasi ulang dari awal atau ada metode lain? 

Dari pertanyaan yang diajukan oleh penulis terdapat argumen yang berbeda setiap sekolah yang menerapkan sistem evaluasi pembelajaran. Salah satu guru dari TK KB taslihus shibyan menerangkan bahwa "Biasanya melihat evakuasi pembelajaran paud itu dnegan sebuah kegiatan pembelajaran dulu Mbk yang tertera dalam rpph sebagai pendoamn mengajar di sekolah kita yang didalamnya kita tanamkan aspek" perkembangan pas Mbk jg tau ada 6 aspek perkembangan dalam paud dari nam Sampek seni nah kita evaluasi dari sebuah kegiatan pembelajaran selama satu semester itu dengan mengacu indikator perkembangan anak. semisal Minggu ini kita masuk tema bintang nah disana anak kita beri informasi dulu tentang apa saja mengenai binatang. nama-nama makanan tempat hidup dll kita gabungkan dengan perkembangan diaspek NAM anak mampu mengetahui bahwa binatang adalah ciptaan tuhan dan seterusnya selama 1 semester dengan berganti" tema. 

Kita lihat dimana kurang mampunya anak itu baru kita di ulang lagi kita arahkan lagi hingga aspek perkembangannya terpenuhi di puncak tema. dan seterusnya di tema" yang lain dengan memberikan kegiatan pembelajaran dulu." Tegasnya, Beliau juga menjelaskan bahwa KB TK taslihus shibyan sudah sesuai Permendikbud, " Sesuai dengan Permendikbud Karana kita juga mengacu ke struktur kurikulum dengan melihat kompetensi materi inti dasar .. dan tak lupa sesuai dengan indikator STTP, nah apa sih pentingnya evaluasi pembelajaran itu?, 

Penting buat kita seorang pendidik untuk mengetahui pencapaian anak didik kita sudan sejauh mana menguasai materi maupaun kegiatan yang dilakukan selama 1 semester, mana yang mampu dan mana yang kurang mampu." Jika ada kekeliruan lebih tepatnya ada anak yang kurang mampu selama 1semerter kita akan mengulang mengulas lagi apa yang kurang dalam pencapaiannya kalau dipaud kita abiasanaya namanya puncak tema disini kita mengevaluasi satu semester dengan tema" yang tertera dalam semerter 1 dan kita melihat penilaian anak yang kurang mampu dalam aspek apa kita ulas lagi kita arahkan lagi di dimasa puncak tema ini." Tegas beliau.

Ada juga di KB Bunda Kec. Krembangan, beliau bernama ibu hayati, Bu hayati menjelaskan bahwa evaluasi pembelajaran d lakukan sesuai kurikulum yg dbuat sklh dan mengacu pada beberapa aturan permendikbud, pentingnya evaluasi bagi di satu pendidikan, sangat penting, karena untuk mengetahui sampai sejauh mn siswa dpt menyerap materi pembelajaran, baliah juga Mejelaskan ketika ada kekeliruannya dalam mengevaluasi, " biasanya kalau ada kekeliruan kita ambil evaluasi dari proses anak setiap harinya selama belajar, tegas Bu Hayati. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan